Ayo… Pakai Dana Desa, Jangan Takut – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Ayo… Pakai Dana Desa, Jangan Takut

275052_marwan-jafar_663_382

Marwan Jafar

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jaafar kembali menyerukan kepala desa dan masyarakatnya untuk segera menggunakan dana desa yang sudah dtransfer ke masing-masing rekening.

’’Saya tidak akan bosan mengajak para kades dan semua masyarakat desa untuk segera memakai dana desa dengan program padat karya, terutama dengan membangun infrastruktur desa. Juga membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) agar potensi ekonomi desa tergarap maksimal. Jangan ragu-ragu apalagi takut memakai dana desa,’’ ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Marwan Jafar di Jakarta, Senin (11/1/2016).

BACA JUGA :  Kakanwil Ditjen Perbendaharaan : Rugi Kalau Kades Tidak Ikut Seminar DD Kendari Pos

Dana desa itu bisa dipakai untuk membangun infrastruktur desa yang memanfaatkan tenaga lokal desa dan menggunakan bahan-bahan baku dari desa. Dengan begitu, manfaatnya harus bisa dirasakan semua masyarakat desa.

’’Dana desa adalah amanat Undang-Undang Desa dan telah menjadi komitmen pemerintah Jokowi-JK meningkatkan jumlah dana desa. Sekarang tinggal bagaimana masyarakat bisa melakukan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan dana desa sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,’’ tambah Marwan.

BACA JUGA :  Tahun Depan, Dana Desa tak Masuk Lewat Pemda

Dia menambahkan, dana desa akan terserap jika semua desa bekerja cepat menggunakan dana desa dengan basis potensi lokal. Dana desa akan berputar di desa dan bisa menghidupkan perekonomian. Jika ekonomi desa bergerak positif, tentunya akan mampu mendongkrak perekonomian nasional.

Marwan mengatakan, proses dan prosedur dana desa tidak perlu dibuat rumit. Jika sudah masuk ke rekening desa, maka bisa langsung digunakan untuk membangun infrastruktur. Di antaranya untuk irigasi atau jalan.

BACA JUGA :  Menteri DPDTT Khawatir Masyarakat Tak Tahu Manfaatkan Dana Desa

Mekanisme penggunaan dana desa juga sudah dibuat simple agar masyarakat tidak kesulitan menerima maupun menggunakannya. Template penggunaan dana desa sudah disampaikan ke semua daerah agar disosialisasikan ke desa-desa.

Marwan mengatakan pemerintahan Jokowi-JK telah berkomitmen untuk meningkatkan jumlah dana desa untuk mempercepat pembangunan desa. Dana desa pada 2016 mencapai Rp46,9 triliun, naik dibanding 2015 yang sebesar Rp20,76 triliun.(gir)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top