Capaian PAD Kota Kendari Naik, Ini Datanya – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Capaian PAD Kota Kendari Naik, Ini Datanya

KENDARINEWS.COM, KENDARI– Kondisi perekonomian yang lesu sepanjang tahun 2015 lalu tak berpengaruh signifikan terhadap realisasi pendapatan asli daerah (PAD) di Kota Kendari. Meskipun sempat melakukan penyesuaian akibat menurunnya investasi dan daya beli masyarakat, namun secara keseluruhan PAD Kota Kendari justru meningkat dibanding tahun 2014 lalu.

1-Nahwa Umar

Kepala Dinas Pendapatan Kota Kendari, Nahwa Umar mengklaim, selisih PAD tahun 2014 ke 2015 sebesar Rp 1,3 miliar. Dibanding dengan kenaikan PAD dari tahun 2013 ke 2014 yang mencapai Rp 70 miliar, angka tersebut memang relatif kecil. Namun yang menjadi ukuran, di tengah kondisi ekonomi yang labil, Pemkot masih mampu meningkatkan pundi PAD. “Dipertahankan saja itu sudah syukur tapi kita malah naik, itu sudah luar biasa,” bangganya.

BACA JUGA :  Realisasi Pajak Kota Kendari Tahun 2015, Ini Datanya

Setoran PAD dari semua SKPD kata Nahwa rata-rata meningkat. Beberapa SKPD yang mengalami penurunan drastis dikarenakan sektor investasi yang juga melambat. “Salah satunya itu Dinas Tata Kota dan Perumahan. Masyarakat dan investor menunda bangun rumah, BTN, ruko dan sebagainya. Karena pendapatan Dinas Tata Kota kan kebanyakan dari pengurusan IMB,” katanya.

BACA JUGA :  Ayo Buruan! Ikuti Jalan Sehat Kendari Pos Berhadiah Mobil

Untuk realisasi PAD diinstansinya, Dispenda kata Nahwa juga mengalami peningkatan Rp 6 miliar dari 2014 lalu yang hanya mencapai Rp 112 miliar. Capaian PAD Pemkot tahun 2015 itu menurut mantan kepala inspektorat ini menjadi modal besar untuk menarget PAD tahun 2016 ini. “Mudah-mudahan tahun 2016 ini bisa di atas 200 miliar, karena prediksi kita ekonomi sudah mulai baik, apalagi Pasar Wuawua akan aktif tahun ini, PADnya tentu akan sangat besar, bisa diatas 50 miliar,” proyeksinya. (b/ely)

BACA JUGA :  Menag dan Gubernur Hadiri 100 Tahun Injil Masuk Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top