Pertumbuhan Ekonomi Sultra Meningkat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Pertumbuhan Ekonomi Sultra Meningkat

HARGA BBM TURUN---Penurunan harga BBM yang akan berlaku 5 Januari 2016 merupakan salah satu faktor sehingga pertumbuhan ekonomi Sultra pada tiwulan ke IV tahun 2015 mengalami peningkatan dibanding dibanding tahun 2014

HARGA BBM TURUN—Penurunan harga BBM yang akan berlaku 5 Januari 2016 merupakan salah satu faktor sehingga pertumbuhan ekonomi Sultra pada tiwulan ke IV tahun 2015 mengalami peningkatan dibanding tahun 2014

KENDARINEWS.COM,KENDARI—Pertumbuhan ekonomi Sultra ternyata menunjukan peningkatan dibanding tahun 2014. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) perwakilan Sultra, tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Sultra mencapai 6,3% (Rp.53.873 Miliar) untuk tiga triwulan terakhir. Pertumbuhan itu meningkat dibandingkan tahun 2014 yang hanya mencapai 5,8% (Rp.50.003 Miliar) pertiga triwulan.

Pertumbuhan ekonomi tersebut didominasi oleh perbaikan kinerja sektor pertambangan dan penggalian C, industri pengolahan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, pertanian, kehutanan dan perikanan dan berbagai sektor lainnya lainnya.

Kepala Perwakilan Bidang Ekonomi Moneter BI Sultra, Harisuddin mengatakan, pada triwulan IV 2015 yang berakhir Februari 2016, pertumbuhan ekonomi Sultra diprakirakan mengalami peningkatan disertai adanya sedikit penurunan tekanan inflasi. Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara pada triwulan IV 2015 diprakirakan berada pada kisaran 6,9% – 7,3% . Peningkatan tersebut didorong oleh peningkatan kinerja kategori pertambangan, akomodasi makan minum dan konstruksi.

Dengan kondisi tersebut, lanjut Harisuddin, selama tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Sultra diprakirakan tumbuh sebesar 6,6% – 7,0%. Sementara itu, tekanan inflasi Sultra pada triwulan IV 2015 cenderung menurun berada pada kisaran 2,2% – 2,6% . Penurunan tersebut terutama disebabkan oleh melemahnya tekanan inflasi dari kelompok harga barang yang ditentukan pemerintah (administered prices) seiring dengan terjaganya harga minyak dunia dan kebijakan pemerintah untuk menjaga harga BBM bersubsidi di triwulan IV 2015. (had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top