Pariwara
Opini

Memaknai Momentum Peralihan Tahun

DP+BBM+Tahun+Baru+2016+8

[dropcap]D[/dropcap]etik-detik pergantian tahun selalu menjadi pusat perhatian hampir seluruh umat manusia di dunia. Bagi kebanyakan insan manusia, awal tahun sarat dan penuh harapan bahwa tahun-tahun yang akan kita lalui adalah semburat fajar yang akan mempercepat terwujudnya hidup menemukan adabnya. Kelahiran dan ke-baru-an hakikatnya adalah khitah agama yang juga digemborkan nabi-nabi, termasuk Muhammad SAW. Sebuah kearifan abadi dan melintasi batas-batas agama dan budaya.

Hal itu pula yang barangkali menjadi alasan metafisis dalam ajaran Islam sehingga Tuhan banyak bersumpah menggunakan diksi yang berdimensi waktu. Sebut saja demi masa (wal asri), demi malam (wal laili), demi siang (wan nahari), demi fajar (wal fajri), demi bulan (wal qamari), demi matahari (wasy syamsi), demi waktu duha (wadh dhuha).

Kata “baru” adalah sebuah metafora kehidupan dengan semangat yang berbeda dari sesuatu yang kita anggap lama dan telah berlalu. Tahun baru tentu saja dan terutama sekali bukan hanya sekedar perayaan dan pesta kembang api maupun pesta hura-hura. Namun, perayaan tahun baru harus dilakukan dengan penuh kesungguhan, mengacu pada etos kebangkitan iman sekaligus menjadi titik penting untuk mengingatkan kembali manusia kepada Sang pemilik waktu, Tuhan semesta alam. Bagaimanapun, secara komprehensif manusia meriwayatkan konsep dirinya melalui waktu. Salah satunya melalui momen dan fragmen peralihan tahun.

Momentum pergantian tahun selayaknya dapat mengingatkan kita bahwa jatah hidup kita di dunia ini semakin berkurang. Seorang ulama besar Imam Hasan Al-Basri mengatakan, “Wahai anak Adam, sesungguhnya Anda bagian dari hari, apabila satu hari berlalu, maka berlalu pulalah sebagian hidupmu.

Dengan makna seperti itu, maka seharusnyalah pergantian tahun mesti dimanfaatkan untuk mengevaluasi (muhasabah) diri, bukan melalui pesta huru-hara yang sarat dengan hegemonikehidupan yang penuh absurditas. Sang pemilik waktu, Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang beriman bertakwalah kalian kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah disiapkan untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa-apa yang kalian kerjakan (QS 59: 18).

Khalifah Umar bin Khathab menyatakan, “Hitunglah diri kalian sebelum kalian dihitung. Timbanglah amal-amal kalian sebelum ditimbang. Bersiaplah untuk menghadapi hari yang amat dahsyat. Pada hari itu segala sesuatu yang ada pada diri kalian menjadi jelas, tidak ada yang tersembunyi.”

Al-Quran juga menuntun kita agar tidak merugi ditelan waktu. Hanya orang yang beriman, beramal sholeh, saling menasehati dalam menaati kebenaran dan menetapi kesabaranlah yang akan menikmati keberuntungan. Dengan mengingat hakikat waktu, manusia diharapkan semakin hati-hati memanfaatkan waktu yang tersedia. Tahun baru yang merupakan bagian dari waktu yang perlu direnungi untuk mendapatkan pelajaran (ibrah) dalam rangka meningkatkan pemahaman dan amal.

Pergantian tahun baru pada hakikatnya adalah mengingatkan manusia tentang pentingnya waktu. Imam Syahid Hasan Al-Banna berkata, “Siapa yang mengetahui arti waktu berarti mengetahui arti kehidupan. Sebab, waktu adalah kehidupan itu sendiri”. Lantas perayaan tahun baru, tentu saja diharapkan menjadi momen bagi manusia agar lebih mesra dengan Sang Pemilik Watu.(*)

Oleh: Ady Akbar Palimbang*

*Penulis adalah Pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Kendari


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
1 Comment

1 Comment

  1. Obat Untuk Mengobati Mata Bintitan

    31 Des 15 10:19 at 10:19

    terima kasiha atas informasinya selanat tahun baru semoga sukses dan lancar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top