Musim Kemarau, Warga Konut Diminta Antisipasi Kebakaran Hutan – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Musim Kemarau, Warga Konut Diminta Antisipasi Kebakaran Hutan

IMG-20151004-02349

Marwan Khalik

KENDARINEWS.COM, WANGGUDU — Musim kemarau panjang yang terjadi di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Konawe Utara tak hanya menimbulkan dampak kekeringan. Tapi kekeringan juga sangat berpotensi di Konut. Tentu ini, memicu terjadinya kebakaran hutan yang tersebar di wilalayah Konut. Peluang terjadinya kebakaran hutan ini, bisa terjadi saat pembukaan lahan baru guna kepentingan areal perkebunan warga.

Kabid Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Dishut Konut Marwan Khalik, mengaku bahwa, guna mengatisipasi hal tersebut, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar melindungi hutan dari ancaman kebakaran.

“Kami dari Dishut sendiri tak pernah hentinya memberikan pemahaman pada warga. Melalui KRPH UPTD Dishut yang ada disetiap kecamatan, menyampaikan pada kepala desa agar masyarakat yang membuka lahan baru, jangan ada pembakaran. Sebab, itu akan menimbulkan bahaya kebakaran, apalagi di musim kemarau saat ini,” kata mantan Ketua Panwas Konut itu kepada kendariNews.com, Senin (12/10).

Pembukaan lahan bisa saja dilakukan bagi masyarakat guna kepentingan areal perkebunan. Itupun hutan dengan status area penggunaan lain (APL). “Membuka lahan APL saja, jangan membuka lahan dikonsesi kawasan. Makanya sosialisasi lahan-lahan APL yang berbatasan dengan kawasan terus dilakukan,” harapnya lagi. Sejauh ini, kata, Marwan, potensi terjadinya kebakaran di wilayah kawasan hutan dimungkinkan minim terjadi. Apalagi yang sifatnya meluas dan tak terkendali.

“Hasil pemantauan di lapangan selama musim kemarau ini, belum ada laporan maupun indikasi terjadinya kebakaran hutan akibat pembakaran lahan yang disengaja maupun gejala alam itu sendiri,” terangnya. (Helmin/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top