Pariwara
Edukasi

Tingkatkan Daya Saing Lulusan, Siswa SMK Akan Disertifikasi

KENDARINEWS.COM, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan berbagai upaya meningakatkan komptensi lulusan siswa SMK, agar dapat bersaing dalam dunia kerja, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu terobosan yang akan dilakukan, Kemendikbud rencana pada tahun depan, akan mewajibakan seluruh siswa SMK mengikuti uji komptensi  lulusan atau disertifikasi sebagai syarat kelulusan.
Ilustrasi Siswa mengikuti ujian nasional SMA-SMK sederajat

ILUSTRASI SISWA SMK

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Mustaghfirin Amin mengatakan, bahwa sertifikasi profesi bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan kunci penting dalam meningkatkan daya saing mereka menghadapi persaingan tenaga kerja yang semakin ketat.  Sertifikasi profesi juga menjadi modal penting untuk menembus pasar kerja di luar negeri.
“Saat ini Kemendikbud sedang mengembangkan SMK rujukan yang menaungi sejumlah SMK di sekitarnya. Di SMK Rujukan tersebut nantinya akan digunakan untuk uji kompetensi lulusan SMK,” kata Mustaghfirin kepada kendariNews.com di Kemendikbud, Jakarta,  Kamis. (8/10).
“Selama ini memang tenaga kerja kita dicap sebagai unskilled labor, oleh karena itu sertifikasi terhadap keahlian mereka sangat penting,” terangnya. (hadria mapa/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top