Pariwara
Xpresi

Garuda Tetap Jaya…

[dropcap]Masih [/dropcap]tahu Pancasila? Masih hafal kelima sila dalam Pancasila ? Ataw jangan-jangan sobat Xpresi gak hafal lagi nih sama sila-sila yang tertuang dalam dasar negara kita itu?

Yup…1 Oktober saban tahun kita peringati hari Kesaktian Pancasila. Peringatan terhadap pandangan hidup bangsa Indonesia itu setiap 1 Oktober menandai betapa Pancasila sangat sakti mempersatukan nusantara dan ideologi bangsa dari rongrongan Gerakan 30 September yang didalangi PKI. Puluhan tahun pasca tragedi G30S-PKI itu Garuda tetap jaya hingga kini.

But, di zaman sekarang, masih saktikah Pancasila? Sebab, pengamalan Pancasila ditengarai sudah mulai tergerus perkembangan zaman. Bahkan, jiwa Pancasila tidak lagi bersemayam dalam dada remaja kita. Hal itu tercermin dari cara pandang dan cara bersikap yang tidak mencerminkan sikap Pancasila.  Semangat gotong royong dan musyawarah mufakat dalam kehidupan saat ini sudah tidak begitu mendominasi hubungan interaksi sosial.

Benar gak kenyataan itu? Jawabannya adalah ada pada diri kita masing-masing sobat. Kita simak aja yuk komentar dari sobat-sobat Xpresi mengenai Kesaktian Pancasila. Cekidot!

[two_third]

Aden Asharie, mahasiswa FISIP UHO ini mengatakan kalo nilai-nilai Pancasila kini sudah luntur dalam jiwa remaja-remaja Indonesia. “Menurut saya remaja sekarang jiwa-jiwa Pancasilanya sudah tidak ada lagi, karena dimana-mana masih banyak remaja yang sering ricuh, otomatis mereka mencoreng nilai Pancasila sila ke tiga,” ujarnya Rabu (7/10) kemarin.

Senada dengan Aden, Moh. Hardiansyah. Banyak remaja sekarang yang tidak mencerminkan jiwa pancasila dalam bersikap dan berperilaku. “Buktinya banyak remaja yang sering tawuran, dan terjerumus pada hal-hal negatif. Sebagai remaja Indonesia harusnya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam diri mereka,” jelas mahasiswa HUKUM UMK ini.

Nah, sebagai generasi penerus bangsa, menurut Bunga Indah P harus memiliki dan memegang teguh nilai-nilai Pancasila karena itu adalah pemersatu. “Harus bangga sebagai yang berjiwa dan berpandangan Pancasila. Dengan begitu kita bisa membanggakan Indonesia dimata dunia,” ungkap siswi SMA 2 Kendari ini.

Nah, gimana nih dengan kalian sobat? Nilai pancasila udah tertaman dalam diri kalian apa belum?? Sebagai anak bangsa, wajib sifatnya bagi kalian untuk melestarikan dan menanamkan sikap Pancasila dalam kehidupan sosial kalian. (Kak Nunik)

[/two_third]

[one_third_last][ads1][/one_third_last]

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top