Ini Syarat PTS Nonaktif Ingin Aktif Kembali, Jika Tak Penuhi… – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Ini Syarat PTS Nonaktif Ingin Aktif Kembali, Jika Tak Penuhi…

images

ILUSTRASI


KENDARINEWS.COM, JAKARTA — Sekretaris Menteri  Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenritek Dikti) Ainun Naim menjelaskan ada beberapa skenario yang harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah dinonaktifkan untuk mengembalikan statusnya  aktif kembali.


Ainun menjelaskan, status nonaktif yang melekat pada perguruan tinggi bersifat dinamis. Pihaknya pun memberi kesempatan kepada kampus-kampus bermasalah tersebut untuk memperbaiki diri dan memilihkan statusnya. Periode pemulihan kampus tersebut, kata Ainun, beragam dan sesuai kondisi masing-masing kampus. Ada yang diberi kesempatan memperbaiki kesalahan dalam tiga bulan, ada juga yang satu tahun sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan oleh PTS.

“Dominan PTS yang dinonaktifkan  disebabkan rasio dosen dan mahasiswa membludak serta datanya tidak rutin  dilaporkan secara berturut-turut selama enam semester di pangkalan data Kemenritek dikti. Sehingga untuk mengembalikan statusnya cukup memperbaiki data tersebut,” ujar Ainun Naim ditemui di Kemenristek Dikti, Jakarta, Rabu (7/10)

Ainun juga menegaskan, jika perguruan tinggi bermasalah tersebut gagal memperbaiki kesalahan, bukan tidak mungkin mereka akan ditutup. Tetapi, Ainun berjanji, pihaknya akan melakukan evaluasi lanjutan sesuai kondisi masing-masing perguruan tinggi. “Kemenristek Dikti tidak akan langsung mencabut izin perguruan tinggi bermasalah melainkan memberi sanksi secara bertahap.
Pelanggaran ringan hanya akan diberikan surat peringatan serta pengawasan, pengendalian dan pembinaan (wasdalbin) Kopertis. Jika pelanggarannya masuk kategori sedang, maka status ampus tersebut akan menjadi non aktif. Sedangkan pelanggaran berat akan mendapat sanksi pencabutan izin program studi serta perguruan tinggi,” tandasnya. (hadrian mapa/b)
[ads1]


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top