Pariwara
Xpresi

Spontanitas Yang Bikin Capek…

xpresi

[dropcap]Sobat Xpresi, [/dropcap]kalian punya teman yang suka latah gak? Atau malah kalian sendiri yang latah? Yap! Latah adalah suatu keadaan fisik di mana pengidap secara spontan mengeluarkan respons berupa ucapan, kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan pengidap latah tersebut.

Nah, kalo ada teman kalian yang latah, kalian merasa terganggu, kasihan, atau malah dijadiin bahan lucu-lucuan? Sebagian orang menganggap orang latah, lucu sehingga akan mencoba memanipulasi agar pengidap latah mengulangi latahnya. Hal ini bisa membuat orang tersebut kelelahan secara fisik, dan melukai mental mereka sehingga enggan berkumpul bersama teman-temannya lagi nantinya.

Ada beberapa teori mencoba mengulas timbulnya gangguan latah ini.
Teori Pemberontakan, yakni seseorang bisa mengucapkan hal-hal yang dilarang tanpa merasa bersalah. Ini semacam gangguan tingkah laku. Lebih kearah obsesif karena ada dorongan yang tidak terkendali untuk mengatakan atau melakukan sesuatu.

[two_third]

Ada pula Teori Pengondisian. Inilah yang disebut latah gara-gara ketularan. Seseorang mengidap latah karena dikondisikan oleh lingkungannya, misalnya gara-gara latah, seseorang merasa diperhatikan dan diperhatikan oleh lingkungan. Latah semacam ini disebut ”latah gaul”. Simak yuk cerita sobat Xpresi soal latah ini yuk! Cekidot!

Yusti Cikita Pritami, mahasiswi Hukum UMK mengaku punya teman yang latah. Karena latahnya, sering dijadiin bahan buat lucu-lucuan. ”Biasanya sering sengaja dikagetin biar kita lucu-lucuan tapi kalo keseringan kasihan juga sih, karena pasti dianya juga capek kalo latah terus,” ujarnya, Senin (5/10).

Senada dengan Yusti, Ahcmad Nazriel juga punya teman yang latah nih sob. Kalo temannya yang latah gak nongol sehari aja, hangoutnya gak seru. Hadeehhhh…”Ada temanku yang ngelatahnya heboh banget.Bagus juga sih, karena bisa jadi hiburan. Kayaknya kalo latah begitu karena kebiasaan atau bawaan,” ungkap siswa MAN 1 Kendari ini.

Punya teman latah malah bisa diisengin loh. Rahmat Nur M mengaku sering banget isengin teman yang punya kebiasaan unik ini, “Tapi kalo keseringan kasihan juga karena pasti capek loh. Menurut saya latah itu tak lebih hanya kebiasaan,” kata mahasiswa UHO ini.

Benar loh kata Rahmat, kebiasaan latah itu dampaknya bikin capek. Seperti yang dirasakan Andriyanti, mahasiswi Unsultra. Latahnya doi bisa lama kalo dikagetin. Apalagi kalo lagi ngumpul bareng teman, doi kerap jadi sasaran empuk karena latahnya. “Sebenarnya sebel juga sih, andai bisa dihilangkan, saya penget banget hilangin kebiasaan ini,” tutupnya.
(Kak Nunik)

[/two_third]

[one_third_last][ads1][/one_third_last]


Notice: Trying to get property 'term_id' of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top