Pariwara
HEADLINE NEWS

Pembekuan Ratusan PTS Bisa Dicabutkan Kembali, Asalkan…

KENDARINEWS.COM, JAKARTA — Baru-baru ini, Kemenristek Dikti menonaktifkan ratusan perguruan tinggi swasta yang tersebar di berbagai provinsi dan berasal dari beragam jenjang pendidikan tinggi.

UNP-NON-AKTIF1

ILUSTRASI

Keputusan Kemenristek Dikti tersebut munai  protes dari Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Didik J. Rachbini.  Politisi PAN itu menilai, Kemenristek Dikti tidak memiliki satu standar konkret dalam menonaktifkan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia.

Kendati demikian, Sekretaris Jenderal Pendidikan Tinggi Ainun Naim menegaskan, bahwa pembekukan ratusan PTS telah berdasarkan standar konkret sesuai peraturan yang ada.

“Semuanya sudah sesuai perataran. Banyak faktor yang menyebabkan perguruan tinggi diberi status non aktif. Di antara faktor tersebut  adalah adanya prodi bermasalah dan tidak idealnya rasio antara dosen dan mahasiswa,” kata Ainun saat di temui kenadariNews.com di Kemenristek Dikti, Jakarta, (5/10)

Lebih tegas, Ainun menambahkan, bahwa status non aktif PTS tersebut bisa dicabut asalkan perguruan tinggi yang bersangkutan menyelesaikan berbagai masalahnya sesuai rekomendasi Dikti. Sekedar diketahui, berdasarkan data pada pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti) yang diakses pada 5 Oktober menunjukkan, ada 239 perguruan tinggi berstatus non-aktif.

“Dari jumlah tersebut, institusi sekolah tinggi swasta paling bermasalah. Buktinya, ada 103 sekolah tinggi yang dinonaktifkan Kemenristek Dikti,” tuturnya. (hadrian mapa/b)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top