Pariwara
HEADLINE NEWS

Kolut Target Menjadi Sentra Peternakan Sapi di Sultra

KENDARINEWS.COM, LASUSUA — Punya iklim yang dinilai menunjang, lahan rumput yang luas serta sumber air yang melimpah, Kabupaten Kolaka Utara dinilai layak menjadi sentra peternakan sapi di Sulawesi Tenggara. Daerah yang dipimpin Rusda Mahmud-Bobby Alimuddin Page itu menargetkan dalam setiap tahunnya dapat menambah jumlah bibit sapi ternak untuk dikembangbiakkan secara meluas di masyarakat.

Kadis Peternakan

Drs. Samsu Ridjal

Target itu, bukan tanpa alasan. Sebabm, pada tahun ini, sebanyak 26 ekor sapi kembali disalurkan di beberapa kecamatan yang bersumber dari APBD seperti Kecamatan Rante Angin, Pakue Tengah dan termasuk di Lasusua sendiri.

“Kami telah meninjau beberapa lahan baru yang coba kita persiapkan sebagai tempat-tempat perkembang biakan sapi. Lokasi yang paling strategis, ada di wilayah-wilayah perbukitan seperti di Desa Babussalam juga cocok saya lihat,” kata Kadis Pertanian dan Peternakan Kolut Drs. Samsu Ridjal kepada kendariNews.com, Senin (5/10).

Ia mengaku, bahwa wilayah perbukitan sangat cocok untuk perkembang biakan sapi perah. Pasalnya, lahan rumput yang luas dinilai sangat mendukung untuk penggemukan sapi itu sendiri. Syarat menjadi sentra kata Samsu bahwa minimal dibutuhkan seribu ekor sapi betina dan seratus jantan. Maka dari itu, Kolut cukup siap untuk menerima bantuan berapapun jumlahnya untuk dikembang biakkan di masyarakat. “Sentra ini adalah salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan dari pusat,” terangnya. (rusly/b)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top