Adanya DD, Kades Butur Abaikan Pencairan ADD – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Adanya DD, Kades Butur Abaikan Pencairan ADD

Alokasi-dana-desaKENDARINEWS.COM, BURANGA —  Adanya penggelontoran Dana Desa (DD) dengan besar dari APBN, rupanya para kepala desa di Kabupaten Buton Utara (Butur) seolah mengabaikan alokasi dana desa (ADD) dari APBD. Pasalnya, sampai saat ini, serapan anggaran ADD untuk tahap ke dua baru 5 persen. Sedangkan distribusi DD sudah mencapai 94 persen.

“Penggunaan ADD tahap ke dua ini, baru 5 persen cair. Masih banyak desa yang belum mencairkan anggaran tersebut. Saya tidak tahu kenapa para Kades tidak serius dalam pencairan ADD. Padahal, kalau DD sudah hampir tuntas,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Butur Ismail Asjik kepada kendariNews.com, Senin (5/10).

Padahal, proses pencairan ADD tahap dua ini bersamaan dengan DD dan anggaran ADD menyangkut penghasilan rutin Desa. Semua anggaran operasional desa dialokasikan dari ADD tersebut. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 21,3 miliar. “Tahap pertama sudah selesai dicairkan sebesar Rp 6,5 miliar atau 25 persen. Dana itu akan tetap dicairkan, karena menyangkut penghasilan tetap kades dan perangkat desa,” katanya.

Olehnya itu, Ismail mengaku, sangat membuka ruang bagi para kades untuk mengambil uang itu. Tetapi dengan catatan, kades harus memasukan progres laporan keuangan. Jika tidak, Kades harus penuhi laporan itu untuk proses pencairan tahap dua.

“Dari 79 desa, tersisa 74 desa yang belum ambil. Kalau terlambat diambil tidak ada pengaruhnya, karena dana itu dialokasikan dari APBD. Kalau DD kita ditarget harus digunakan semuanya,” terang Ismail Asjik. (La Gola/b)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top