Pariwara
HEADLINE NEWS

Wow… Masih Ada 157 Ribu KK Belum Nikmati Listrik

KENDARINEWS.COM, KENDARI- Setelah 70 tahun merdeka, ternyata masih banyak masyarakat di Sultra belum menikmati penerangan listrik. Berdasarkan estimasi Dinas ESDM Sultra, dari 600 ribu Kepala Keluarga (KK), terdapat 157 ribu KK yang belum menikmati aliran listrik.

3Meskipun demikian, rasio peningkatan jumlah KK yang telah teraliri listrik selama 7 tahun terakhir mengalami peningkatan siginifikan. Sebab pada tahun 2008, rasio KK yang belum dapat terlayani sebesar 37,16 persen. Sementara tahun 2015, angkanya mengalami peningkatan sebesar 37,84 persen menjadi 75 persen.

Untuk mengatasi hal itu, Pemprov Sultra telah melakukan koordinasi dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN). Tidak hanya di kantor wilayah, namun dalam beberapa kali gubernur telah melakukan pertemuan dengan jajaran Direksi PT PLN Pusat.

Hasilnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini siap merespon usulan gubernur. Surplus daya listrik di Sulawesi Selatan (Sulse) akan dialihkan ke Sultra. Tidak hanya itu, melalui pengembangan energi terbarukan PLTS terpusat dan keptik power off gred terutama daerah yang belum dijangkau infrastruktur jaringan PT PLN.

“Memang benar, masih ada ribuan KK yang belum teraliri listrik. Namun angka ini akan terus berkurang. Sebab ada beberapa proyek besar yang telah dimulai. Bahkan tahun ini diperkirakan rasio KK yang telah mendapatkan listrik mencapai 79 persen. Meskipun angka ini relatif besar, namun upaya pemerintah agar masyarakat bisa mendapat listrik harus diapresiasi. Sebab ada peningkatan siginifikan dalam beberapa tahun terakhir,” kata Ir. Andi Azis,

Kabid Migas, Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan Dinas ESDM Sultra di ruang kerjanya, Jumat (2/10).
Rasio KK yang telah teraliri kata alumnus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin ini, sebenarnya lebih besar lagi. Sebab proyek pembangunan PLS Tenaga Surya tidak termasuk didalamnya. Sebab yang masuk dalam rekapan Dinas ESDM hanya PLTS terpusat. Alasannya, pengelolaan di bawah lembaga sehingga proses pemeliharaan berkelanjutan.

Sementara PLS tenaga surya, lebih pada bantuan perorang. Faktor kondisi topografi Sultra dan persoalan infrastruktur sambung Andi, menjadi penyebab masih ada warga yang belum teraliri listrik. Wilayah Sultra yang tersebar di pulau-pulau kecil, menjadi hambatan tersendiri. Tidak hanya biaya namun akses menuju ke daerah tersebut yang belum memadai.

Daerah yang belum terlayani secara maksimal terutama di DOB termasuk Konawe Selatan (Konsel) seperti di wilayah Laonti dan Lainea. Setelah melakukan inventarisir dan pemetaan kawasan, pemerintah dan PLN telah memiliki rencana besar. Sebab PLN berancana akan membangun transmisi 150 Kilo Volt dari Malili-Lasusua. Selanjutnya transmisi ini akan dilanjutkan ke Kolaka, Unaaha hingga Kendari. Diperkirakan, pada tahun 2016 aliran listrik berkapasitas 400 Mega Watt telah in grid atau beroperasi.

“PLN juga akan membangun transmisi Raha menuju Baubau dan Kendari lingkar selatan yang meliputi Konsel dan Kasipute. Nantinya dari Konsel akan menyeberang ke Raha. Di saat yang bersamaan, pemerintah tengah memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Tanjung Tiram Moramo, Konsel. Kapasitas daya mesin pembangkitnya mencapai 2×50 MW. Hingga kini, suporting pemerintah pusat maupun PLN cukup baik.

Apalagi hal ini sejalan dengan RPJMN pemerintah pusat maupun RPJMD Sultra. Diperkirakan, pada tahun 2019, rasio KK yang telah teraliri listrik mencapai 97 persen. Namun bagi daerah, angka ini bisa terlampaui. Apalagi pemerintah memiliki proyek pengembangan energi terbarukan maupun keptik power off gred,” optimis Andi Azis, kemarin. (b/mal)


Notice: Trying to get property 'term_id' of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top