MenPAN, Mendagri dan Bawaslu Teken MoU, ASN Wajib Bersih dari Politik Praktis – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

MenPAN, Mendagri dan Bawaslu Teken MoU, ASN Wajib Bersih dari Politik Praktis

ILUSTRASI

ILUSTRASI

 KENDARINEWS.COM, JAKARTA — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi menegaskan bahwa netralitas menjadi sesuatu yang mutlak dilaksanakan oleh aparatur sipil negara (ASN) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 269 daerah di Indonesia 9 Desember mendatang.
“Di era revolusi mental ini, kita ingin memastikan bahwa seluruh aparatur sipil bekerja profesional, netral dan mampu melayani seluruh kepentingan publik tanpa membeda-bedakan latar belakang politiknya. Karena itu, netralitas menjadi mutlak dilaksanakan oleh ASN dalam rangka pelaksanaan Pilkada langsung,” kata Yuddy saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) netralitas ASN bersama Mendagri dan Bawaslu di KemenPAN RB, Jakarta, Jumat (2/10) .
M0U itu diteken bersama MenPAN-RB, Mendagri dan Bawaslu tentang pengawasan netralitas, pelaksanaan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku aparatur sipil negara dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur, bupati, dan walikota. Dalam kesempatan itu, Yuddy menyatakan, Undang – Undang ASN secara tegas menyatakan bahwa aparatur sipil negara berperan sebagai perencana, pelaksana dan penyelenggaran tugas umum pemerintahan dalam peran nasional.
Hal itu melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang professional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktek KKN. Namun, dalam rangka mewujudkan netralitas ASN dan larangan penggunaan asset pemerintah dalam Pemilukada, maka MenPAN-RB ini mengeluarkan surat edaran.
“Untuk itu, perlu pengawasan konsisten agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif. Kalau PNS dibiarkan tidak netral maka dampak yang akan terjadi adalah diskriminasi pelayanan, pengkotak-kotakan PNS, benturan konflik kepentingan dan PNS menjadi tidak professional,” kata Yuddy. (Hadrian Mapa/b)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top