Cegah Kebakaran Hutan, Kapolres Kolut Tugaskan Babinkamtibmas Imbau Warga – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Cegah Kebakaran Hutan, Kapolres Kolut Tugaskan Babinkamtibmas Imbau Warga

KENDARINEWSC.COM, LASUSUA — Maraknya kebakaran kawasan perkebunan dan hutan lindung di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akibat dari pembukaan lahan baru perkebunan. Selain itu, kelalaian masyarakat juga menjadi pemicu, karena kerap membersihkan kebun dengan cara membakar.

Ilustrasi

Ilustrasi

Olehnya itu, Polres Kolut mewarning masyarakat di wilayah hukumnya agar tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan perkebunan. Jika ditemukan, pelaku akan diberikan sanksi tegas berupa pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.

Kapolres Kolut AKBP Darmawan Affandi menjelaskan, bahwa ancaman itu sesuai dengan  UU nomor 8 tahun 2004 tentang perkebunan pasal 8 ayat 1 yakni bila dengan sengaja membuka atau mengolah lahan dengan cara pembakaran yang berakibat pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan hidup.

Tak hanya itu, oknum pembakar hutan juga melanggar UU  Nomor 32 Tahun 2009 pasal 108 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Saya telah mengarahkan para Babinkamtibmas yang bertugas di desa untuk menyampaikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dalam membuka lahan perkebunan. Apalagi saat ini musim kemarau, api cepat merembes dan sulit dipadamkan, jika terjadi kebakaran,” imbaunya kepada masyarakat Kolut, Jumat (2/10). (rusly/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top