Pariwara
Buton Utara

Pengerjaan Jalan Lingkar Butur Dimulai… 2016 Diperkirakan Tuntas

Jalan Poros Butur

Jalan Poros Butur

KENDARINEWS.COM, BURANGA — Pemkab Buton Utara (Butur) mulai memperhatikan pembangunan jalan lingkar utara yang menghubungkan kecamatan Wakorumba dengan kecamatan Kulisusu (Ereke). Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-TR), mulai menimbun akses jalan tersebut. Sekitar 12 km sudah dilakukan penimbunan, bahkan sebagian sudah dilakukan pengaspalan.

“Jalan lingkaran utara sudah mulai di perkeras dengan timbunan kerikil. Bahkan penguatan badan jalan itu sudah hampir selesai semuanya. Jadi kalau musim hujan, kondisi jalan sudah tidak akan berlumpur lagi, karena telah ditimbun,” kata kepala bidang Bina Marga PU-TR Butur Wawan Wardaya, St, M.Si kepada kendariNews.com, Kamis (1/10).

Menurutnya, sebagian jalan lingkar utara Butur tersebut sudah dilakukan pengaspalan. Pihaknya baru menyelesaikan pengaspalan sepanjang 800 meter di desa Pebaoa, Kecamatan Kulisusu Utara. “Sisanya baru sebatas penguatan dengan menggunakan kerikil. Tahun 2016 mendatang, pengaspalannya sudah bisa dilanjutkan,” terangnya.

Kata dia, panjang jalan antara Wakorumba-Ereke, sekitar 60 km. Kondisi jalan itu saat ini sebagian masih dalam bentuk penguatan, karena  sebelumnya kondisi badan jalan, berlumpur dan tidak bisa dilalui dengan kendaraan. Saat ini, kendaraan arus lalulintas mulai lancar. “Jalan itu mulai dari Labuan menuju Korolabu. Kemudian dari Korolabu masuk Torombia, Lamoahi, Pebaoa, PTTA, Lakansai, Wa Ode Buri, sampai  ke Ereke. Kalau dari Labuan ke Korolabu sekitar 5 sampai 6 km. Jika semua jalur itu teraspal, maka hampir semua bisa terakses,” katanya.

“Pengaspalan jalan lingkar utara ini, akan dilakukan secara bertahap. Pemda akan fokus pada pembangunan jalan penghubung antar kecamatan tersebut. Sehingga dengan begitu antara kecamatan Wakorumba dan Kulisusu, bisa dijangkau dengan mudah,” terangnya.(La Gola/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top