Dewan Harap Pemadam Kebakaran Sosialisasi Penggunaan Tabung Apar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Dewan Harap Pemadam Kebakaran Sosialisasi Penggunaan Tabung Apar

Tabung Apar

Tabung Apar

KENDARINEWS.COM, KENDARI — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari menilai kinerja Pemadam kebakaran dalam menagani kasus kebakaran di Metro ini belum maksimal. Alasanya, setiap kebakaran yang terjadi tidak bisa terselamatkan dengan baik. Meski api berhasil dipadamkan, namun objek yang menjadi amukan sijago merah sudah rata dengan tanah.

Anggota Komisi I DPRD Kota Kendari Aladin menjelaskan bahwa pemadam kebakaran tidak boleh semata-mata hanya mengandalkan penanganan. Perlu ada langkah objektif yang dilakukan sebagai pencegahan dini sebelum api mulai membesar. Misalnya, dengan melakukan sosialisasi pada masyarakat pentingnya memiliki tabung pemadam di rumah. Agar sebelum pemadam kebakaran sampai di lokasi, pemilik rumah bisa menangani hal tersebut terlebih dahulu.

“Upaya itu belum terlihat dilakukan oleh pemadam kebakaran. Hampir seluruh rumah maupun instansi yang ada di Metro ini belum memiliki tabung pemadam. Akibatnya, setiap kebakaran yang terjadi tidak bisa terselamatkan. Fokus Pemadam selama ini hanya berupaya bagaimana ada penambahan armada untuk menangani masalah kebakaran. Pecegahan dini bencanan terlupakan,” kata Politisi PDIP itu.

Lebih lanjut menyarankan, bahwa meski punya 10 tambahan armada lagi, tetap tidak bisa meyelamatkan kebakaran tersebut. Selalunya rumah sudah rata dengan tanah baru petugas pemadam sampai di TKP. Hal ini ditanggapi, Kepala Pemadam Kebakaran Kota Kendari Jumaidin Umar mengatakan, pihaknya mengakui jika selama ini kurang melakukan sosialisasi terkait pentingnya memiliki tabung apar.

“Tahun ini baru dua kecamatan yang kita kunjungi lakukan sosialisasi salah satunya, Kendari Barat yang dihadiri 100 orang. Untuk perkantoran dan bagunan  sejak lama pihaknya ingin memasang alat pencegahan kebakaran berupa sprinkle dan apar, tetapi kita tidak pernah dilibatkan. Kalau dilibatkan nanti setelah gedung itu jadi,” jawabnya.  Lanjutnya, tentunya kata Jumaidin bahwa kondisi ini cukup menyulitkan pemasangan alat, khususnya sprinkle. Kalau ampar tidak terlalu masalah dalam pemasangannya. (Akhirman/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top