Ketua DPR RI Dorong Pemekaran Kepton, Dewan Sultra Segera Terbitkan Rekomendasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Ketua DPR RI Dorong Pemekaran Kepton, Dewan Sultra Segera Terbitkan Rekomendasi

Deklarasi Percepatan Pemekaran Kepton yang dilakukan para Kepala Daerah bersama Gubernur Sultra, Nur Alam saat HUT Sultra di Koltim/dok

KENDARINEWS.COM, KENDARI — Impian besar masyarakat eks Kesultanan Buton untuk berdiri sendiri sebagai Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) tak bisa dibendung. Upaya dan perjuangan percepatan pemekaran terus dilakukan, dimulai dari Deklarasi pemekaran yang dilakukan para kepala daerah dan Gubernur Sultra di Kolaka Timur saat HUT Sulawesi Tenggara menjadi bukti keseriusan lahirnya sebuah Provinsi Kepton.

Tentu langkah besa itur, harus didukung semua stakeholder baik di Provinsi Sultra terlebih pemerintah pusat. Sebagai koordinator tim percepatan pemekaran Kepton Samsu Umar Abdul Samiun berharap bahwa hajatan besar Kepton harus tercapai 2016 nanti. Tapi tentu butuh keterlibatan semua pihak agar dalam proses perjuangan pemekaran berjalan mulus, tanpa kedala apapun. Salah upaya yang dilakukan, yakni tujuh kepada daerah cakupan wilayah Kepton bersama Gubernur Nur Alam  belum lama ini telah bertemu dengan Ketua DPR RI Setya Novanto di Jakarta.

Pimpinan Parlemen RI (Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR) sangat mendukung langkah percepatan pemekaran daerah Kesultanan Buton itu. “Intinya mereka mendukung percepatan pembentukan provinsi baru ini dan selaku Ketua DPR RI langaung meminta kepada Ketua Komisi II DPR RI untuk membahas hal ini,” kata Umar Samiun yang juga Bupati Buton itu.

Olehnya itu, ia berharap pada DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara agar mendukung proses pemekaran dan tidak memandang sebelah mata perjuangan Provinsi  Kepton. Sebab, satu bulan lalu Gubernur telah bersurat ke DPRD Provinsi agar mengeluarkan rekomendasi, namun sampai sekarang belum ada realisasinya. Olehyan itu berharap, agar dalam satu pekan kedepan, rekomendasi itu telah ada. Jika tidak, dapat membawa keresahan masyarakat Kepton. “Semoga dalam waktu yang tidak lama ini, rekomendasi DPRD Sultra akan segera keluar,” harap ketua DPD PAN Buton itu.

Menjawab harapan Bupati Buton itu, Ketua Komisi I DPRD Sultra Taufan Alam mengaku pihaknya sangat mendukung proses percepatan pemekaran Kepton dan tak ada niatan menghalangi proses itu. Namun, menegaskan bahwa Keterlambatan rekomendasi Kepton juga akibat pemerintah Buton yang dianggap lalai. Sebab, semua surat keputusan yang dilayangkan sebagai pendukung administrasi, tak satupun memiliki cap stempel Bupati Buton.

“Bagaimana caranya, sebuah administrasi belum rampung, salah satunya Surat Keputusan yang tidak sah, proses penetapan Ibu Kota Provinsi, dan berkas DOB yang belum rampung,” kata Taufan Politisi Demokrat itu.

Senada dikatakan Ruslimin Mahdi bahwa berharap pada Umar Samiun selaku koordinator tim pemekaran Kepton seharusnya mendukung kinerja DPRD Sultra agar segera meluarkan rekomendasi persetujuan pemekaran Kepton. Sebab, kerja sama dan koordinasi antar seluruh elemen sangat diperlukan. “Seharusnya mereka proaktif merampungkan dokumen yang diperlukan, seperti Buton Tengah (Buteng), tidak akan diparipurnahkan sebelum berkasnya rampung,” harapnya. (Asdin/bas/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top