Pariwara
Buton

Festival Budaya Tua Buton Memukau Wisatawan Asing

IMG_5719

Foto : La Ode Aswarlin/kendariNews.com — Festival budaya tua Buton yang menampilkan berbagai budaya lokal sangat memukau wisatawan asing

KENDARINEWS.COM, PASARWAJO —  Upaya Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun menghidupkan adat dan budaya lokal terus diwujudkan. Secara beruntun ditahun ketiganya, Ketua DPD PAN Kabupaten Buton itu menggencarkan promosi kebudayaan di otoritanya sebagai ciri khas daerah. Sejak dibuka pada 19 hingga 24 Agustus (besok), pelaksanaan festival budaya tua Buton begitu semarak. Ritual Dole-dole dan Kande-kandea massal yang tahun sebelumnya diakui melalui piagam rekor MURI kembali dihelat. Ritual Posuo yang merupakan prosesi pingitan yang diikuti 534 anak gadis sangat memakau para wisatawan.

Kadis Pariwisata Kabupaten Buton Zainuddin Napa mengaku festival budaya tua Buton telah digagas pemerintah daerah menjadi kalender daerah yang diselenggarakan setiap tahun. Diharapkan kegiatan itu bisa menjadi agenda nasional seperti yang dijanjikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada penghelatan festival budaya tua tahun lalu. Anggaran penyelenggaraan festival budaya itu, senilai Rp 600 juta dari APBD.

“Kalau diselenggarakan secara sendiri-sendiri oleh masyarakat maka biaya untuk memingit anak gadisnya bisa mencapai Rp 7 juta, makanya pemerintah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ritual budaya ini khusus untuk masyarakat Buton dimanapun berada,” tambahnya. Saat ini anak gadis yang mengikuti ritual masih dalam proses pengurungan. Mereka baru akan keluar pada puncak acara kegiatan festival pada 24 Agustus. Nantinya mereka akan diarak menuju lapangan Banabungi dan mengikuti ritual pekande-kandea sekaligus menjamu para tamu undangan yang hadir.

Sejak pelaksanaan kegiatan festival, jumlah kunjungan wisata baik dari lokal maupun mancananegara yang masuk di Kabupate Buton meningkat drastis. Kegiatan tersebut juga menarik minat para turis asing dari rombongan Sail Indonesia Teluk Tomini berlayaar datang berkunjung menyaksikan pelaksanaan ritual budaya tua yang ada di Buton. “Mereka datang dengan menggunakan kapal layar dan sandar di teluk Banabungi, wisatawan asing itu datang dari berbagai negara diantaranya Belgia, Irlandia, Belanda, Inggris, Australia dan Amerika,” paparnya.

Selama perayaan festival setiap hari Kabupaten Buton kebanjiran kunjungan wisata mencapai lebih dari seribu orang berkunjung di stand pameran. Untuk memeriahkan perayaan kegiatan, Pemkab Buton menyiapkan acara hiburan berupa penampilan artis ibukota setiap malamnya. (La Ode Aswarlin/b)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top