Fakta Tentang Kanker Paru yang Harus Anda Ketahui – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Fakta Tentang Kanker Paru yang Harus Anda Ketahui

KENDARINEWS.COM,KANKER- paru sering dianggap remeh bagi para perokok aktif, mereka sering mengatakan bahwa mereka tidak merasakan hal apapun pada dadanya sehingga mereka terus melanjutkan kegiatan merokoknya.

21-batukBahaya merokok sebenarnya telah diketahui sejak zaman dahulu, dimana asap dari rokok yang masuk melalui sistem pernafasan akan merusak beberapa organ pernafasan pada manusia termasuk salah satunya adalah paru-paru.

Berikut adalah beberapa gejala yang harus dicermati dari kanker yang mematikan ini, seperti dilansir laman India Times, Rabu (19/8).

1. Merokok adalah faktor risiko utama untuk kanker paru-paru.

BACA JUGA :  Awas Udang Montok karena Disuntik Jelly...!

Hampir 87 persen kasus kanker paru-paru berhubungan dengan merokok. Risiko tergantung pada berapa lama seseorang telah merokok, usia di mana mereka mulai merokok dan jumlah produk tembakau yang dihisap per hari.

2. Target kanker paru-paru juga perokok pasif

Faktor risiko terbesar untuk kanker paru-paru adalah merokok, tetapi perokok pasif juga bisa terkena kanker paru-paru. 10 hingga 15 persen kasus kanker paru-paru terjadi pada non-perokok dan banyak dari pasien ini adalah perempuan.

BACA JUGA :  Tahulah Anda, Penyakit Serius Bermula Dari Sakit Kepala

3. Ada dua jenis kanker paru-paru.

Hampir 85 hingga 90 persen dari kanker paru-paru adalah type Non-Small Cell . Kanker ini tumbuh lambat dan tidak menyebar dengan cepat ke organ lain. Jenis lain, Small Cell Carcinoma cenderung tumbuh lebih cepat dan menyebar ke organ lain.

4. Ada tanda-tanda peringatan halus.

Baik pria maupun wanita harus mengetahui tanda-tanda peringatan dari kanker paru-paru. Mereka bisa halus namun gejala yang harus diperhatikan antara lain batuk teratur, sesak napas, peningkatan nafsu makan atau penurunan berat badan, mengi dan batuk darah. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, segera periksa ke dokter.

BACA JUGA :  Resiko Serangan Jantung Meningkat 2 Jam Setelah Marah-marah

5. CT scan bisa membantu Anda

CT scan bisa mendeteksi tumor pada tahap awal, sehingga kelangsungan hidup penderita kanker paru-paru lebih baik. Skrining saat ini direkomendasikan untuk orang-orang yang berusia antara 55 tahun dan 74 tahun dan yang telah merokok satu bungkus sehari selama 30 tahun dan berhenti kurang dari 15 tahun yang lalu.(fny/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top