Sembilan Daerah di Sultra dapat Bantuan 596 Ekor Sapi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Sembilan Daerah di Sultra dapat Bantuan 596 Ekor Sapi

Sapi-Potong

Ilustrasi Sapi Potong Ternak

KENDARINEWS.COM, KENDARI –Bantuan sapi yang sumber anggarannya dari APBN mengalir pada sembilan kabupaten/kota di Sultra. Sejumlah daerah itu, yakni Kota Kendari, Kabupaten Muna, Konawe, Konawe Selatan, Buton, Buton Utara, Bombana, Kalaka Utara, Kolaka Timur, dan Kabupaten Konawe Utara.

Dari jumlah itu, delapan daerah akan mendapatkan bantuan ternak sapi potong jenis bali yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Lalu 280 ekor khusus sapi betina yang berasal dari Sulawesi Selatan sebanyak 241 ekor khusus jantan. Khusus Kabupaten Muna, mendapatkan bantuan sapi induk impor jenis Brahman Cross (BC) dari Australia sebanyak 75 ekor.

BACA JUGA :  Besok, Halal Bi Halal KKST di TMII Jakarta

“Alhamdulillah 2015 ini ada sembilan daerah akan mendapatkan bantuan ternak sapi potong. Sebanyak 521 ekor bibit sapi potong lokal dari dua provinsi di Indonesia akan disalurkan pada sembilan daerah itu sesuai peruntukanya untuk melakukan penambahan populasi sapi potong di Bumi Anoa ini. Jadi total secara keseluruhan sebanyak 596 ekor bibit ternak sapi akan kita salurkan,” kata Muhgiyanto, Kepala Bidang Produksi Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra saat membawakan materi Worshop terkait hasil pemantauan daerah sebarHama penykit hewan karantina (HPHK), Kamis (20/8).

BACA JUGA :  Penyerapan APBD-P Sultra Prioritaskan Non Teknis

Bantuan itu rencananya akan disalurkan Oktober-September nanti. Muhgiyanto mengaku ingin seceparnya menyalurkan sapi itu, tapi karena harus ada mekanisme yang harus kita lakukan seperti pemeriksaan kesehatan sapi sebelum diberikan. “Apalagi ada sapi impor dari Australia. Kita harus teliti melakukan pemeriksaan kesehatan, sehingga sapi impor itu tidak membawa penyakit di Sultra,” katanya lagi. (Akhirman/b)

BACA JUGA :  Abu Hasan Hadiri Musda Pospera Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top