Pariwara
Buton

Festival Budaya Tua Buton Ditarget jadi Agenda Nasional

Festival-Budaya-Tua-Buton1

Festival budaya tua buton dengan menampilkan 20 ribu penari di bukit Takawa tahun 2014/dok

KENDARINEWS.COM, PASARWAJO — Sejak dilantik menjadi Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun punya agenda besar untuk menghidupkan adat dan budaya lokal sebagai promosi dan ciri khas daerah. Makanya, dua tahun terkahir sejak 2013, festival budaya tua Buton terus digelar dengan semarak. Tahun ini, ritual yang sama akan dilaksanakan dengan target agar ritual budaya tersebut bisa menjadi agenda nasional yang telah dijanjikan oleh Kementerian Pariwisata.

Makanya, setiap tahun Pemkab Buton selalu menampilkan budaya yang berbeda dalam festival yang kerap dihadiri wisatawan nasional hingga internasional. Makanya, tak tanggung-tanggung daerah itu menyiapkan anggaran dari APBD demi kesuksesan prosesi adat tersebut.

“Pemkab Buton menyiapkan anggaran sekira Rp 600 juta untuk membiayai ritual posuo. Jumlah tersebut diakumulasi untuk kebutuhan makanan, pakaian, bedak termasuk honor tokoh adat yang ditaksir Rp 1,4 juta pergadis,” kadis Pariwisata Buton Zainuddin Napa kepada kendarinews.com, Jumat (14/8).

Kesuksesan kegiatan itu, sangat penting. Sebab, dalam momentum festival budaya tua tahun lalu dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan kala itu, Pemkab Buton telah dijanji akan dibantu alokasi dana pusat senilai Rp 1 miliar. “Itu sebagai wujud perhatian pemerintah pusat terhadap pelestarian budaya. Tapi hingga saat ini bantuan tersebut belum terealisasi,” tuturnya, sambil melanjutkan mungkin karena telah berganti meteri. (La Ode Aswarlin/c)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top