Menantang Kekuatan Uang – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Olahraga

Menantang Kekuatan Uang

Tim Chelsea pesta kemenangan. foto/afp

Tim Chelsea pesta kemenangan. foto/afp

KENDARINEWS.COM–LONDON  Persaingan musim baru Premier League 2015-2016 sudah dimulai di akhir pekan ini. Rangkaian 380 pertandingan bakal diawali Sabtu besok (8/8). Juara bertahan Chelsea bakal mendapatkan tantangan besar dalam misi mempertahankan trofinya pada musim depan.
Musuh utamanya adalah kekuatan uang dari klub-klub rival sepanjang bursa transfer di musim panas ini. Sebab, dibandingkan dengan klub papan atas lainnya, The Blues yang paling irit dalam membelanjakan uangnya.  Chelsea baru mengeluarkan GBP 17,08 juta (Rp 360 miliar). Bandingkan dengan trio klub Premier League dengan pengeluaran belanja terbesar pada bursa transfer musim panas kali ini, Liverpool, Manchester United dan Manchester City. Perbandingan pengelauarn belanja pemainnya bisa lebih besar antara tiga hingga lima kali lipatnya.

City misalnya. Musim ini, mereka menggelontorkan GBP 58,80 juta (Rp 1,23 triliun) untuk membeli empat pemain, mulai Raheem Sterling, Fabian Delph, Patrick Roberts dan Enes Unal. Lalu, United merogoh kocek GBP 68,95 juta (Rp 1,45 triliun) untuk Morgan Schneiderlin, Memphis Depay, Bastian Schweinsteiger, dan Matteo Darmian.

Liverpool tetap mempertahankan hobi belanjanya seperti musim lalu. Bedanya, kali ini The Reds jadi tim paling loyal dengan GBP 77,57 juta (Rp 1,63 triliun). Dengan uang sebesar itu, Liverpool memboyong Christian Benteke, Roberto Firmino, Nathaniel Clyne, Joe Gomez dan Allan.

Di antara big five musim lalu, hanya Arsenal yang tidak banyak belanja. Rival sekota dari Chelsea itu baru mengeluarkan GBP 9,8 juta (Rp 206,5 miliar). Arsitek Chelsea, Jose Mourinho mengakui bahwa kepungan tim-tim dengan pengeluaran belanja besar ini jadi sinyal sulit timnya mempertahankan tahta.
Diakui Mou, timnya hanya sekali jor-joran dalam bursa transfer saat Roman Abramovich tiba di Stamford Bridge, 2003 tahun silam. Nominalnya kala itu bahkan mencapai GBP 107, 43 (Rp 2,26 triliun). Nyatanya, di akhir musim, hanya posisi runners up yang dapat mereka amankan.

“Dan sekarang, ganti mereka yang mencoba untuk “membeli” gelar Premier League itu dengan belanja besar-besaran. Bagi kami, hanya cukup dengan tetap bermain bagus dan melawan mereka. Dalam bayangan kami, kami harus mempertahankan gelar juara meski tanpa investasi besar-besaran,” ujar Mou, dikutip dari Daily Mail.

Mou menilai, komposisi timnya saat mendominasi Premier League musim lalu masih bisa dipertahankan kembali. Buktinya, tidak satu pun pemain yang didatangkan Mou di musim panas ini mengubah starting line up musim lalu. Radamel Falcao dan Asmir Begovic yang didatangkan pun masih berstatus pelapis.
Itu berbeda dengan Liverpool, United, ataupun City yang kemungkinan besar lebih dari 30 persen kekuatan timnya musim lalu dibongkar ulang. (ren)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top