Pariwara
Bau-bau

Pemkot Akui Hotel New Calista Tabrak Aturan

FOTO: La Ode Aswarlin __ Pembangunan Hotel New Calista di Baubau ini diduga tak sesuai IMB

FOTO: La Ode Aswarlin __ Pembangunan Hotel New Calista di Baubau ini diduga tak sesuai IMB

KENDARINEWS, Baubau — Pemkot Baubau akhirnya mengakui jika pembangunan hotel new calista yang terletak di poros jalan Betoambari, Kota Baubau tabrak aturan. Bangunan megah berlantai enam itu juga baru mengantongi izin kelayakan lingkungan setelah IMB dikeluarkan.

Kabid Lingkungan Hidup Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Baubau, Halfia menjelaskan sebelumnya sudah pernah dilakukan peninjauan lapangan terhadap bangunan hotel new calista menindaklanjuti laporan masyarakat. Hasil temuan dalam berita acara izin bangunan tersebut seyogyanya hanya empat lantai namun kondisi di lapangan sudah berdiri hingga enam lantai.

“Sejak pembahasan dokumen kita sudah beberapa kali mewanti-wanti pengawasnya agar mengikuti gambar dan dokumen izinnya. Tapi ternyata tidak diikuti sehingga dikeluarkan teguran pertama sesuai prosedur, nantinya kita akan tegur sampai tiga kali kalau tidak sesuai dokumen maka rekomendasinya akan dibongkar,” tukasnya.

Tidak sampai disitu sesuai ketentuan bahkan jika rekomendasi yang disampaikan Bapedalda tidak juga diperdulikan pemilik bangunan maka, izin kelayakan lingkungan yang sudah dikeluarkan sebelumnya tidak akan segan dilakukan pencabutan. “Kembali dipertegas bahwa untuk bangunan yang sudah terlanjur didirikan tanpa sesuai dengan izin maka memang harusnya dibongkar,” tambahnya.

Warga sekitar berharap Pemkot Baubau konsisten dengan sikapnya menegakan peraturan. Jika ternyata pemerintah berani membongkar rumah warga yang dianggap melanggar izin atau tak mengantongi IMB, maka hal yang sama juga diberlakukan terhadap pemilik hotel new calista. “Sudah seharusnya tidak boleh ada saling tebang pilih dalam penegakan aturan, jangan karena warga biasa saja yang berani dibongkar rumahnya. Pemerintah juga harus berani dengan pengusaha jika dianggap melanggar, apalagi pembangunan hotel ini izin kelayakan lingkungannya baru dikeluarkan dua bulan lalu sedangkan IMB sudah keluar dua tahun lalu,” ungkap Mulya warga sekitar. (La Ode Asrwarlin/b)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top