Target Adiwiyata Mandiri, SDN 7 Baruga Berbenah – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Target Adiwiyata Mandiri, SDN 7 Baruga Berbenah

Hadrian Indra Mappa/KP__Gedung Perpustakaan SDN 7 Baruga yang tampak asri dan rindang oleh aneka jenis bunga, Rabu (29/7) lalu.

Hadrian Indra Mappa/KP__Gedung Perpustakaan SDN 7 Baruga yang tampak asri dan rindang oleh aneka jenis bunga, Rabu (29/7) lalu.

Kendari Setelah sukses meraih predikat sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2014 lalu, SDN 7 Baruga kini bertekad meraih penghargaan sekolah adiwiyata mandiri tahun 2015. Berbagai perlengkapan pun telah dibenahi, untuk meraih pengargaan bergengsi dibidang lingkungan tersebut.

Ketua Pengelola  Adiwiyata Mandiri SDN 07  Baruga, Wa Fara, S.Pd mengungkapkan, guna merealisasikan tekad menuju sekolah adiwiyata mandiri, pihaknya harus membina minimal 10 Sekolah meraih adiwiyata nasional.  “Kami telah menandatangani MOU dengan 10 sekolah binaan untuk menjadikan SDN 7 Baruga sebagai sekolah peduli lingkungan,” terangnya.

Selain persyaratan tersebut, lanjut Fara, pihak sekolah harus bisa manjaga komitmen dan kosisten untuk menciptakan suasana yang bersih dan nyaman dalam belajar. Menjaga komitmen tersebut tidaklah mudah, diperlukan suatu karakter yang kuat untuk menjadi warga sekolah yang ramah terhadap lingkungan.

“Berbagai kegiatan juga dilakukan baik bagi warga sekolah sendiri maupun bekerjasama dengan pihak Komite Sekolah atau instansi-instansi di luar sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler lingkungan juga merupakan  kegiatan menjembatani anak-anak tentang pendidikan lingkungan, serta melakukan kegiatan yang ramah lingkungan seperti membuat karya yang terbuat dari barang-barang bekas ataupun mendaur ulang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 07 Baruga, Hj. Siti Murni Nur, S.Pd mengungkakan program adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghidarkan dampak lingkungan yang negatif.

“Dalam implementasinya KLH  berkerjasama dengan para stakeholders, menggulirkan program adiwayata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah dapat melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan dan menjaga lingkungan hiudup di sekolah dan sekitarnya,” tutupnya. (p13/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top