Penyebab Rematik dan Kiat Pencegahannya – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Penyebab Rematik dan Kiat Pencegahannya

Kendari,–Rematik (Osteoarthritis) banyak dialami setiap orang, apalagi bagi pekerja keras. Penyakit ini dikarenakan melemahnya tulang rawan pada angsel atau sendi. Umumnya, rematik kerap terjadi pada bagian sendi penopang, seperti punggung, lutut, pinggang, pinggul, dan leher yang telah menurun fungsinya. Jika tulang rawan mengalami kerusakan, maka pertemuan kedua pangkal tulang menjadi rusak dan menyebabkan nyeri, itulah tanda-tanda rematik.

Dokter tulang, dr. Moh. Rizal Alisi

“Faktor terbesar penyebab rematik ada dua, karena faktor umur seiring bertambahnya usia yang menyebabkan risiko osteoarthritis semakin besar. Sebab cairan dipersendian semakin berkurang dan juga tulang rawan makin menipis secara alami. Lalu faktor trauma, seperti kecelakaan yang menyebabkan kerusakan dipersendian, karena infeksi disekitar sendi yang menyebabkan virus masuk kedalam da0n merusak sendi,” jelas dr. Moh. Rizal Alisi, M.Kes., Sp.OT saat ditemui, kemarin.

Dikatakan, sendi yang mengalami trauma karena terluka atau kecelakaan akan mengalami kerusakan lebih awal dari normalnya. Guna memperkuat sendi kata Spesialis Orthopedi itu bisa mengkonsumsi suplemen khusus untuk kesehatan persendian. Namun, sebaiknya dilakukan atas anjuran dokter. Selain itu, ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan sejak dini, yakni menjaga berat badan, karena itu penting agar bobot tubuh yang ditanggung oleh sendi menjadi ringan.

“Kemudian berolahraga rigan, hendaknya melakukan jenis olahraga yang tidak banyak menggunakan persendian atau yang menyebabkan terjadinya perlukaan sendi (radang sendi). Contohnya berenang atau jalan santai. Bagi usia dewasa, sebaiknya sesuaikan jenis olahraga dengan umur Anda. Jangan memaksa melakukan olahraga berat pada usia lanjut. Tapi, jangan juga tidak berakitiditas sama sekali agar sendi tidak kaku,” tutup dokter yang membuka praktek di Apotek Kimia Farma itu. (p11/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top