Pemicu Tumbuhnya Sariawan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kesehatan

Pemicu Tumbuhnya Sariawan

Kendari,–Sariawan merupakan penyakit yang sulit dihindari dan semua orang pasti pernah merasakan penyakit ini. Dalam dunia medis, seriawan disebut somatis aphtosa yang tumbuh pada dinding mulut atau lidah seperti luka atau tesi berwarna putih. munculnya sariawan umumnya disertai dengan rasa sakit, sensasi terbakar, sehingga rasa tidak nyaman pada mulut akan sangat terasa.

30-Sariawan....

drg. Aisyah Fachruddin, M.Kes menjelaskan, pemicu tumbuhnya sariawan karena kurangnya kebersihan dalam rongga mulut. Kendati demikian, penyebab pasti sariawan belum ditemukan hingga kini, tapi umumnya dipengaruhi oleh hormon yang biasanya berhubungan dengan menstruasi pada remaja perempuan. Setelah selesai haid bisanya sariawan juga hilang. Selain itu, bisa karena faktor daya tahan tubuh (imunologi).

“Guna mencegah timbulnya sariawan, terpenting menjaga kebersihan mulut, menyikat gigi secara teratur, menggunakan obat kumur, rutin melakukan check up ke dokter ahli, dan konsumsi banyak buah-buahan. Bagi yang sudah terkena sariawan, sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya, sehingga dapat melakukan pengobatan yang tepat,” tutur Drg. Aisyah yang kesehariannya tugas di RSJ Sultra itu.

Selain itu, menurut dokter gigi ini bahwa faktor defisiensi nutrisi atau kekurangan zat gizi juga menjadi menyebabkan sariawan. Misalnya, kekurangan zat besi, asam folat, zinc, vitamin B1, B2, B6 dan B12. Termasuk faktor alergi pada makanan tertentu dan penggunaan obat-obatan yang terlalu sering. Faktor di atas dapat diperberat dengan infeksi dari bakteri atau virus Herpes Simpleks.

“Selain itu, bisa juga karena faktor trauma, karena tergigit, sikat gigi dan gigi palsu yang tidak pas dengan rongga mulut. Atau bisa jadi adanya gangguan psikosomatis (stress) juga bisa menjadi pemicu,” tutupnya.(p11/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top