Potongan Sayap Diduga Milik MH370 Ditemukan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Potongan Sayap Diduga Milik MH370 Ditemukan

AFP PHOTO / YANNICK PITOU__Pihak berwenang Prancis menyelidiki potongan yang diduga bagian dari pesawat MH-370.

AFP PHOTO / YANNICK PITOU__Pihak berwenang Prancis menyelidiki potongan yang diduga bagian dari pesawat MH-370.

Saint-Andr — Ada secercah terang dari upaya menyibak misteri jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Rabu (29/6) waktu setempat, sayap pesawat yang diperkirakan merupakan bagian bangkai pesawat MH370 ditemukan di tepian pantai La Reunion, Prancis. Itu adalah pulau kecil di Samudera Hindia, tepatnya di sebelah timur Madagaskar.

Lokasi penemuan ini berjarak 3.700 kilometer dari posisi terakhir hilangnya pesawat nahas tersebut. Besar kemungkinan itu merupakan pecahan dari MH370. Pemerintah Malaysia hampir yakin bahwa potongan bangkai pesawat tersebut milik Boeing 777. “Lokasi penemuan ini konsisten dengan analisis arus yang sebelumnya diberikan ke tim penyelidik Malaysia. Analisis arus ini menunjukkan rute pergerakan air dari selatan Samudra Hindia ke Afrika,” ujar Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dalam sebuah konferensi pers kemarin (30/7).

Pesawat MH370 hilang kontak pada 8 Maret 2014 di Laut China Selatan. Hingga penemuan penting kemarin, tak satu pun serpihan yang berhasil ditemukan. Pesawat yang mengangkut 239 penumpang dan awak itu terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, Tiongkok. Mayoritas korban adalah penduduk Tiongkok. Kemarin potongan bangkai pesawat dengan panjang sekitar 2-2,5 meter itu dikirim ke Badan Penyelidik Kecelakaan Pesawat Prancis (BEA) di Toulouse. Mereka akan menyelidiki lebih dalam.

Tidak ada tanda-tanda terbakar maupun benturan di potongan pesawat tersebut. Selain potogan yang diperkirakan sayap pesawat tersebut, penduduk lokal juga menemukan sebuah koper yang telah rusak. Tidak diketahui dengan pasti apakah itu hanya sekedar sampah ataukan koper milik salah seorang penumpang MH370. “Semua perkiraan mungkin. Termasuk bahwa (potongan) ini berasal dari Boeing 777,” ujar pernyataan dari perfektur Reunion dan Kementrian Hukum Prancis kemarin.

Selama ini para penyelidik yakin bahwa ada seseorang yang sengaja mematikan transponder MH370 sebelum mengalihkan rutenya ribuan kilometer jauhnya. Transponder merupakan alat untuk mengirimkan sinyal keberadaan pesawat. Inilah yang membuat pencarian MH370 menjadi sulit. Para ahli penerbangan yang melihat foto-foto penemuan potongan pesawat tersebut juga meyakini bahwa itu merupakan sayap dari Boeing 777. Flaperon, nama bagian pesawat itu, biasanya terletak di dekat badan pesawat. Flaperon membantu pilot mengontrol pergerakan pesawat. “Ini hampir pasti merupakan flaperon dari pesawat Boeing 777. Kepala penyelidik kami mengungkapkan hal tersebut, ” ujar Wakil Menteri Transportasi Malaysia Abdul Aziz Kaprawi. Saat ini tim dari Malaysia telah menuju pulau La Reunion untuk ikut melakukan penyelidikan lebih lanjut. Wakil Perdana Menteri Malaysia Warren Truss menambahkan bahwa ada angka-angka yang tercetak di objek yang ditemukan tersebut. Angka-angka tersebut bakal mempercepat proses verifikasi.

Di sisi lain konsultan keselamatan penerbangan dan mantan penyelidik kecelakaan pesawat di Badan Keselamatan Penerbangan Nasional (NTSB) Amerika Serikat (AS) Greg Feith mengungkapkan bahwa salah seorang sumbernya di Boeing menyatakan bahwa potongan tersebut memang milik Boeing 777. Tapi belum bisa dipastikan apakah itu milih MH370 atau bukan. “Tapi kami tidak pernah kehilangan pesawat jenis 777 di wilayah tersebut,” ujar Feith. Sejak diluncurkan pada 1995 lalu, hanya ada empat kecelakaan yang melibatkan Boeing 777. Ini membuat kemungkinan bahwa potongan tersebut benar-benar milik MH370 kian besar. (AFP/Reuters/BBC/sha)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top