Masyarakat Harus Cerdas Memilih – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Masyarakat Harus Cerdas Memilih

LM Taufan Alam

LM Taufan Alam

 

Kendari Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sultra akan mengalami pergolakan. Berbagai rencana dan strategi pemenangan telah disiapkan para calon Kepala Daerah (Kada). Dalam memuluskan rencana itu, berbagai unsur akan dilibatkan seperti konsep visi misi, pemetaan wilayah, juga kesiapan tim sukses (Timses) dalam proses pemenangan. Ketua Komisi I DPRD Sultra, LM Taufan Alam, mengimbau agar masyarakat Sultra tidak terprovokasi seiring memanasnya suasana politik. Tak hanya itu, dalam menentukan pilihan harus lebih cerdas dalam memilih pemimpin.

BACA JUGA :  Golkar Oheo Klaim Berhak Usul PAW

“Periode sebelumnya, harus menjadi pengalaman dan pembelajaran yang positif, untuk itu masyarakat harus lebih bijaksana dalam menentukan pilihan, jangan karena iming-iming janji, padahal kesengsaraan menanti didepan,” ungkap mantan Anggota DPRD Muna Dua Periode itu.

Dalam mekanisme pemilihan langsung, lanjut dia, undang-undang (UU) telah menjamin setiap warga negara berhak memilah dan memilih setiap kandidat. Tentu saja nasib para calon Kada berada ditangan rakyat. Namun potensi gesekan politik antar pendukungpun dipastikan makin terbuka lebar,  hal ini jika tidak diantisipasi,  dapat memicu konflik sosial yang dapat merugikan masyarakat. Olehnya itu, diharapkan para calon Kada juga, dapat membangun persaingan politik yang sehat lagi demokratis.

BACA JUGA :  Golkar Oheo Klaim Berhak Usul PAW

“Kami harapkan terciptanya suasana yang kondusif saat pelaksanaan pemiluhkada, olehnya itu dibutuhkan kerja sama dan partisipasi semua elemen dalam mengawal pelaksanaan pemiluh nanti,”ungkap Politisi Demokrat itu.

Taufan menambahkan, bukan hanya masyarakat , KPU sebagai penyelenggara pemlihan harus lebih maksimal dalam bekerja,  transparan, agar tak ada lagi indikasi kecurangan. Para calon diharapkan juga  membangun budaya politik yang sehat dan demokratis. Sehingga dapat mewujudkan nilai positif dan pembelajaran bagi masyarakat untuk kedepannya. “Dalam prosesnya harus bersih, adil, transparan, untuk itu pihak Kepolisian bersama instansi terkait harus melakukan  pengawalan yang ekstra mulai dari tahapan persiapan hingga pelaksanaan, “timpalnya. (p12/b)

BACA JUGA :  Golkar Oheo Klaim Berhak Usul PAW

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top