Dukungan Parpol Berpotensi Dianulir – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Dukungan Parpol Berpotensi Dianulir

Hidayatullah

Hidayatullah

Kendari Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membatalkan dukungan parpol, yang tidak sesuai dengan aturan. Bagi KPU, dukungan pengurus mulai dari DPP, DPW juga DPD tingkat kabupaten menjadi salah satu syarat wajib yang mesti ada. Usungan Parpol terhadap pasangan calon akan dibatalkan andai salah satu unsur pimpinan (Ketua dan Sekretaris) tidak bertanda tangan.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengungkapkan, pihaknya sudah mendapat informasi jika ada beberapa parpol yang masih bermasalah saat proses pendaftaran. ” Misalnya PAN di Konsel boleh mendukung, tapi secara administrasi tidak tercatat sebagai Parpol yang mengusung salah satu pasangan calon. Kecuali kalau dalam masa perbaikan ada pergantian kepengurusan atau ketuanya mau tandatangan, baru bisa diakomodir,” jelas mantan Ketua Aktivis MARA Sultra, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/7).

Masih soal PAN, di Pilkada Konut juga kabarnya, Sekretaris PAN menghilang sebelum memberi tandatangan dukungan terhadap pasangan Ruksamin-Raup. Namun informasinya sudah disolusikan. Pada malam sebelum hari terakhir pendaftaran, DPP PAN mengelaurkan SK kepengurusan baru di DPD PAN Konut. Dengan pengurus baru itulah mereka didukung. Menurut Hidayatullah, persoalan itu tetap akan dicermati saat verifikasi nantinya.

Hidayatullah menambahkan, saat ini pihaknya masih akan berkoordinasi lebih jauh dengan KPU tujuh kabupaten yang menggelar Pilkada. Meski belum mendapat laporan secara utuh, namun dia sudah mencermati sebagian informasi yang berkembang saat pendaftaran. Salah satunya menyangkut keabsahan dukungan partai politik terhadap pasangan calon. Baik dukungan dari DPP maupun pengurus tingkat kabupaten. Karena hasil pengamatan sementara, ada sedikit keraguan dari KPU terhadap dukungan Parpol pada beberapa Paslon.

“Kami nanti akan pastikan, apakah dukungan DPP atau pengurus kabupaten itu hasil scan atau tandatangan basah. Itu nanti yang akan diklarifikasi saat proses verifikasi berkas. Termasuk juga ijazah mereka, apakah asli atau tidak,” terangnya.

Dalam proses verifikasi lanjut Dayat-sapaan Hidayatullah, bisa saja jumlah dukungan Parpol terhadap Paslon berkurang. Dan tidak menutup kemungkinan, Paslon-nya juga yang berkurang. Hal itu akan ketahuan setelah penetapan calon 24 Agustus mendatang. “Kalau dukungan Parpol terhadap Paslon bermasalah, lalu kemudian tidak memenuhi syarat 20 persen perolehan kursi, maka tentu dianggap tidak memenuhi syarat,” cetusnya. (ing)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top