Dukung Siswa Tanpa Narkoba – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Dukung Siswa Tanpa Narkoba

Hadrian Indra Mappa/KP__Peserta orientasi siswa baru di SMKN 1 Kendari yang diisi dengan sosialisasi anti Narkoba, Rabu (29/7).

Hadrian Indra Mappa/KP__Peserta orientasi siswa baru di SMKN 1 Kendari yang diisi dengan sosialisasi anti Narkoba, Rabu (29/7).

//SMKN 1 Kendari Gandeng BNN

Kendari SMKN 1 Kendari patut diapresiasi. Sekolah yang membekali siswanya dengan keterampilan ini, turut berpartisipasi aktif dalam upaya memberantas Narkoba di Sultra. Salah satunya melalui Masa Orientasi Siswa (MOS) dengan membekali siswa baru tentang bahaya Narkoba terhadap manusia. Menariknya, kegiatan ini didukung oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari.

Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua mengungkapkan, dalam rangka mendukung pemerintah memberantas Narkoba yang saat ini di Indonesia berstatus darurat Narkoba, pihaknya menggandeng berbagai lembaga yang menangani hal tersebut, diantaranya BNN Provinsi, BNN Kota Kendari dan epolisian. Komitmen yang dibangun dengan memberikan pemahaman kepada seluruh siswa akan bahaya Narkoba, jenis-jenis Narkoba, dan dampak Narkoba terhadap masa depan.

“Kedepannya kami akan memprogramkan seluruh pegawai dan siswa yang ada, akan mengikuti tes bebas Narkoba, hal ini tujuannya untuk membebaskan seluruh pegawai dan siswa terhadap barang haram tersebut,” terangnya.

Menurut Ali Koua, peran penting seorang guru dalam mengasuh anak didiknya tidak hanya sebatas memberi pembelajaran formal, namun juga semangat memerangi bahaya Narkoba melalui pendidikan dan sosialisasi kepada para siswa. Bila seseorang telah terjerumus pada penggunaan Narkoba maka akan sulit untuk melepas dari jeratan obat-obatan yang mengandung zat-zat berbahaya oleh manusia ini.

Sementara itu, Pemateri BNN Kota Kendari, Muh. Syarif menjelaskan bahwa faktor penyebab penggunaan Narkoba di kalangan remaja adalah pertama kali hanya sekadar mencoba karena pergaulan yang kurang baik dan contoh dari teman-temannya. Rasa ingin mencoba Narkotika inilah yang menjadi pintu masuk pertama dan penyebab generasi muda kita terjerumus dalam pengaruh dampak negatif penyalahgunaan Narkotika.

“Penyalahgunaan narkoba dilakukan hampir sebagian besar oleh kaum muda (remaja dan pemuda), karena pada satu sisi remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa, penuh badai dan ketegangan. Masa remaja ditandai oleh perubahan fisik, emosional, intelektual, seksual dan sosial. Perubahan ini dapat mengakibatkan dampak, seperti pencarian jati diri, pemberontakan, pendirian yang labil serta minat yang berubah-ubah,” terangnya. (p13/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top