700 Personil Amankan Pilkada Konkep – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

700 Personil Amankan Pilkada Konkep

Sejumlah Aparat Kepolisian Polres Konawe, yang juga disiagakan untuk mengamankan Pilkada Konkep

Sejumlah Aparat Kepolisian Polres Konawe, yang juga disiagakan untuk mengamankan Pilkada Konkep

Kendari Untuk mengantisipasi konflik Pilkada, sebanyak 700 keamanan gabungan TNI-Polri akan diturunkan di Konawe Kepulauan (Konkep)Kapolres Kendari AKBP Ilham Saparona, mengatakan seluruh personil tersebut akan diturunkan secara bertahap dan puncaknya ketika hari pemungutan suara. Jumlah personil yang diturunkan tidak sama, tergantung kebutuhan dan prediksi tingkat kerawanan yang akan terjadi.

“Jumlah personil kami untuk Kendari cukup. Untuk saat ini kami menghitung sekitar 700 personil. Untuk keseluruhan tahapan memang berbeda dari tahapan awal hingga perhitungan suara, namun dapat kami pastikan, jumlah personil terbanyak yang kami turunkan pada saat pemungutan suara,” jelasnya, kemarin.

Sebagai pihak kepolisian yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk tetap menjaga kondisi keamanan, maka personil yang diturunkan harus benar-benar siap. Sampai saat ini kepolisian baru melakukan pengamanan pada saat proses pendaftaran calon. Namun terus akan dilakukan pemantauan dan pengamanan guna mengantisipasi konflik. “Seluruh personil sudah kami kerahkan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, sampai saat ini situasi berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Selain itu Ilham juga sudah memberikan gambaran dalam proses pengamanan di tiap-tiap TPS. Katanya kemungkinan akan lebih dominan pengamanannya 1 personil 1 TPS. Namun hal itu sifatnya kondisional karena ada banyak kemungkinan yang terjadi soal titik rawan Pilkada di Konkep. Namun pihaknya akan memperketat pengamanan, utamanya di TPS yang dinilai rawan.

“Untuk pengamanan kami tempatkan setiap TPS satu personil, hanya saja untuk TPS yang kami nilai rawan, maka kami akan tempatkan dua orang personil untuk melakukan pengamanan. Sesuai dengan standar prosedur sudah seperti itu, jika rawan maka personil yang akan kami turunkan untuk satu TPS ada dua anggota, karena daerah tersebut tidak terjangkau dari pemantauan. Sehingga tingkat kerawanannya jauh lebih besar,” ujarnya.

Lebih lanjut mantan Kasubdit Indagsi Polda Sultra ini menuturkan, pengamanan prioritas sepertinya akan dilakukan di Kantor KPU Konkep. Hal itu untuk mengantisipasi gesekan massa pendukung yang mungkin nantinya akan melakukan komplain. “Tapi untuk saat ini masih pengamanan biasa. Mungkin itu (Kantor KPU) lebih diamankan saat proses penghitungan suara berlangsung. Kalau personil yang akan menjaga komisoner tidak ada. Tidak terlalu,” ungkapnya. (egy)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top