Rp 60 Miliar Aset Konawe Segera ke Konkep – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe

Rp 60 Miliar Aset Konawe Segera ke Konkep

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Unaaha — Kabupaten Konawe saat ini masih menguasai beberapa aset yang seharusnya menjadi milik daerah otonomi baru (DOB) yakni Konawe Kepulauan (Konkep). Tercatat aset tersebut mencapai hingga Rp 60 miliar. Rencananya dalam waktu dekat, Pemda Konawe akan menyerahkan aset tersebut karena keberadaannya mempengaruhi pengelolaan aset di Kabupetan Konawe.

Ketua DPRD Konawe Gusli Topan Sabara mengaku, belum diserahkan secara resmi aset tersebut ke Konkep, hal ini sangat menggangu dalam pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI), akibatnya Konawe gagal mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Bukan saja di Konkep,tetapi ada beberapa juga masih terdapat di Konsel, Konut dan Kota Kendari,” paparnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  Perspektif Penyitaan Aset Negara dalam Tindak Pidana Korupsi

Dijelaskannya, meskipun aset-aset tersebut sudah tidak dikuasai lagi oleh Pemda Konawe tetapi karena data barang negara itu masih tercatat dalam aset daerah induk. Sehingga dalam pelaporan di BPK RI terjadi saling klaim barang negara itu. “Kami telah mengeluarkan rekomendasi ke Pemda untuk segera melakukan pendataan ulang, selanjutnya berkoordinasi ke daerah pemekaran. Supaya aset yang dimaksud secepatnya serahkan, kemudian dihapus dalam catatatn aset pemda Konawe,” jelasnya.

BACA JUGA :  Perspektif Penyitaan Aset Negara dalam Tindak Pidana Korupsi

Selain itu mengindentifikasi aset-aset lama yang sudah tidak fungsional, kata dia, hal ini juga harus dihapuskan dalam catatan aset. Karena hal ini jika tidak segera diinventarisasi, maka terus mengganggu neraca APBD. “SKPD harus respon rekomendasi itu. Karena kita harus tahu aset mana yang akan dihapus. Dan seperti apa kondisinya sekarang. Jika sudah jelas kepemilikannya maka aset-aset tersebut jika ditotalkan menghampiri Rp 60 miliar akan segera diserahkan ke Konkep,” tuturnya. (def/c)

BACA JUGA :  Perspektif Penyitaan Aset Negara dalam Tindak Pidana Korupsi

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top