Emang Mesti Baru Ya? – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Xpresi

Emang Mesti Baru Ya?

xpresi

Libur telah usai. Tahun ajaran baru sudah dimulai. Yuk list keperluan sekolah dulu:
– seragam baru
– buku & alat tulis baru
– tas baru
– sepatu baru
– kaus kaki baru
– dll.

Kebiasaan beli barang-barang baru tiap tahun ajaran sepertinya sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar sobat Xpresi. Gapapa sih kalo barang baru yang dibeli memang benar-benar dibutuhkan karena barang lamanya sudah rusak. Tapi kalo belum? Kan kasihan mama papa yang sudah susah payah cari uang demi membelikan kalian barang-barang baru. Misalnya nih, kamu kepingin beli tas dan sepatu baru, padahal tas dan sepatu lama kamu masih bagus. Kan sayang uangnya. Mendingan ditabung buat persiapan beli buku pelajaran aja! “Belinya sesuai keperluan saja, kalau memang masih bagus lebih baik tidak usah beli,” ujar Sapriani, siswi SMAN 3 Kendari, Senin (27/7).

BACA JUGA :  Seni Ataw Vandalisme

Apa sih esensi dari tahun ajaran baru, guys? Setelah libur panjang maka masuklah tahun ajaran baru. Di tahun ajaran baru maka bagi teman-teman SMP dan SMA akan menghadapi tantangan baru karena sudah naik kelas. Sedangkan bagi teman-teman mahasiswa, karena memasuki babak baru di semester yang semakin tinggi. Jadi, ini bukan soal harus punya seragam, tas, alat tulis, dan sepatu baru, tapi soal bagaimana sobat Xpresi menghadapinya, seperti yang dikatakan oleh Irfa Eka Santi, mahasiswi FKM UHO, “Barang-barangnya tidak perlu baru, yang penting semangatnya baru. Yaitu semangat untuk kuliah atau sekolah. Misalnya lebih rajin dan giat belajar,”ungkapnya.

BACA JUGA :  Buserkah ??? Utamakan Dong Keselamatan

But, bukan berarti membeli barang baru itu salah. Boleh kok, silakan aja. Asal tetap harus memperhatikan kebutuhan primer dan sekunder. Ini bukan masalah kamu mampu ato tidak. Tapi bagaimana kamu bisa melakukan manajemen diri dan keuangan. Hebat loh kalo kamu bisa mengontrol diri agar bisa meminimalisasi perilaku hidup konsumtif. “Sebenarnya nggak mesti harus baru semua.Sebagian anak sekolah menginginkan seragam dan perlengkapan baru hanya sebagai penyemangat mereka dalam menuntut ilmu. Tergantung dari orang tuanya mau terus dimanjakan dengan barang baru tiap tahun ajaran atau nggak. Kembali ke orang tua dan pribadi anak masing-masing,” ujar Ningrum Suria, mahasiswi Manajemen Perbankan dan Pemasaran Politeknik Indotec Kendari.

BACA JUGA :  Asiknya Punya Teman Populer

Untung juga kalau beli barang baru, trus barang lama disumbangkan. Kan bisa juga bermanfaat buat orang lain yang lebih membutuhkan. Tapi ada juga loh sobat Xpresi yang keukeuh mengatakan emang barang baru itu gak perlu. Zulfaidil, siswa SMAN 1 Bombana misalnya. “Bagi saya beli barang baru tidak perlu. Kalau masih ada yang lama, why not?”

Guys, tahun ajaran baru bukan berarti seluruhnya harus baru dari atas sampai bawah. Ayuk, kita sama-sama berusaha menghilangkan pemikiran bahwa tahun ajaran baru harus berpenampilan baru. Yang penting berpakaian rapi, alat tulis lengkap, tas bersih, sepatu mengkilat, rambut rapi, beres! Kalo masalah baru nggak baru sih itu urusan belakangan. (Kak Dhilah)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top