23 Pasang jadi Kontestan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

23 Pasang jadi Kontestan

Kamaluddin-Awaluddin Usa-Asty__(Atas) Bakal pasangan calon Surunuddin Dangga-Arsalim Arifin (Suara) didampingi Bupati Konsel, Imran saat mendaftar di KPU Konsel, kemarin (28/7). Pasangan Rusman Emba-Malik Ditu (kiri) dan pasangan LM Baharuddin-La Pili (kanan) saat mendaftar di KPu Muna (kanan bawah). Pasangan Haliana-Muh Syawal (Halal) saat menyerahkan berkas pendaftaran di KPU Wakatobi (kiri bawah).

Kamaluddin-Awaluddin Usa-Asty__(Atas) Bakal pasangan calon Surunuddin Dangga-Arsalim Arifin (Suara) didampingi Bupati Konsel, Imran saat mendaftar di KPU Konsel, kemarin (28/7).

-Rusman Emba-Malik Ditu Berpasangan

Kendari Tujuh daerah di Sultra yang menggelar hajatan Pilkada serentak telah menuntaskan proses pendaftaran bakal pasangan calon. Ada 23 pasang kontestan yang akan diverifikasi oleh KPU daerah masing-masing untuk menentukan pasangan calon. Mulai hari ini, KPU akan memasuki tahap verifikasi berkas para kontestan itu.

Pada hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon, kemarin (28/7), sebanyak 13 pasangan yang mendatangi KPU. Di Konsel ada dua pasang yakni Surunuddin Dangga-Arsalim (Suara) dan Rusmin Abdul Gani-Muchlis (Beragam), di Koltim satu pasang yakni H. Muh Buddu-Ridwan Basnapal (Mubbarak). Sementara di Konut, dua pasangan yang mendaftar yakni Ruksamin-Raup (Konasara) dan Anwar-Razak Naba, di Butur Abu Hasan-Ramadio dan La Ode Ganiun-Ahmad Gamsir (calon independen). Konkep ada pasangan Muh Nur Sinapoy-Abd Salam (Nusa) dan Ridwan Landipo-Kurdin (Rinduku Awanii), di Wakatobi, Haliana-Syawal ST (Halal). Pendaftar terakhir yang bertumpuk pada injury time terjadi di Muna dengan hadirnya tiga pasangan sekaligus untuk proses registrasi pukul 15.30 Wita. Mereka adalah Arwaha Ady Saputra-La Ode Samuna (Ady’s Muna), dr LM Baharuddin-La Pili (Dokter Pilihanku), dan Rusman Emba-Malik Ditu (Rumah Kita).

Konstalasi politik di Muna mengalami perubahan cukup drastis di hari terakhir pendaftaran. Pasalnya, dua pasang yang sebelumnya gencar akan menjadi kontestan di Pilkada Muna berubah menjadi satu pasang. Awalnya, Rusman Emba memilih La Ode Sefu sebagai pasangannya. Sementara, Malik Ditu mendeklarasikan La Ode Kardini sebagai calon wakilnya. Namun, dukungan Parpol keduanya tidak cukup, konstalasi politik pun berubah. Mereka bergabung. Rusman Emba memilih berduet dengan Malik Ditu dengan Parpol pengusung PDIP, Demokrat, dan Golkar versi Agung Laksono. Mereka mendaftar di detik-detik terakhir masa pendaftaran ditutup oleh KPU.

Pasangan LM Baharuddin-La Pili dan Arwaha Ady Saputra-La Samuna juga memilih waktu di hari terakhir. LM Baharuddin–La Pili dengan akronim Dokter Pilihanku itu diusung oleh enam partai dengan jumlah 17 kursi yakni PAN , PKS, Gerindra, Golkar versi Aburizal Bakrie, PBB dan Nasdem. Sementara pasangan La Ode Arwaha Adi Saputra – La Ode Samuna diusung PKB dan Hanura dengan jumlah kursi enam. Sehari sebelumnya, telah mendaftar pasangan independent Prof Dr La Iru–La Ode Syahiruddin Kaeba.

LM Baharuddin – La Pili (Dokter – Pili-hanku) melakukan deklrasi di alun-alun Kota Raha, yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Muna. Ketua DPW PAN Sultra Nur Alam dan Walikota Kendari Ir Asrun, Walikota Baubau AS Thamrin dan Bupati Buton Umar Samiun, menghadiri deklarasi tersebut. Sementara itu itu, pasangan Rusman Emba – LM Malik Ditu, melakukan deklarasi di rumah La Ode Saera, ketua Golkar Muna versi Agung Laksono. Begituhalnya pasangan Arwaha Adi Saputra- La Ode Samuna yang mengambil star dari kediaman Arwaha.

Ketua KPU Muna LM Amin Rambega mengatakan, dari dokumen yang diserahkan oleh para bakal calon, berdasarkan PKPU nomor 12 telah memenuhi syarat. Untuk syarat-syarat lainya, seperti pembukaan nomor rekening dana kampanye, pemeriksaan kesehatan, untuk segera dilengkapi oleh pasangan calon. “Kita berharap Muna bisa menjadi penyelenggara Pilkada terbaik di Sultra,” ujarnya.

Dua bakal pasangan calon memilih mendaftar pada hari ketiga di Konut. Mereka adalah Ruksamin-Raup (Konasara) dan Anwar-Razak Naba (AR). Bakal pasangan calon Konasara mendatangi KPUD Konut sekitar pukul 13.30 wita didampingi masing-masing parpol pengusung yakni PAN, PBB dan Golkar.

Selain itu, ada bakal pasangan calon Anwar-Razak Naba (AR). Pasangan ini datang ke KPU Konut dengan dua partai pengusung masing-masing PKB dan PPP sekitar pukul 15.30 wita. Komisioner KPUD Devisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Muharam mengatakan dari hari pertama pendaftaran hingga pendaftatan ada tiga pasangan calon yang mendaftarkan diri. Diantaranya pasangan H Aswad Sulaiman-H Abuahera (Abdiku), Ruksamin-Raup (Konasara), dan Anwar-Razak Naba (AR).

Sedangkan di Butur, bakal pasangan calon Abu Hasan-Ramadio juga memilih hari ketiga. Pasangan ini diusung empat partai yakni PDIP, Demokrat, PKB, dan Golkar versi Aburizal Bakrie. Mereka tiba KPU Butur sekira pukul 12.00 Wita. Selain Abu Hasan-Ramadio, pada hari ketiga ada pasangan calon independen yang ikut mendaftar menjadi kontestan Pilkada Butur yakni La Ode Ganiun-Ahmad Gamsir. Ketua KPU Butur Suhuzu mengatakan, pasangan Abu Hasan-Ramadio merupakan pendaftar ketiga. Kemarin (Selasa-red), pihaknya menerima dua pendaftar balon yakni calon perorangan La Ode Ganiun-Ahmad Gamsir, setelah itu pasangan Abu Hasan-Ramadio. “Hari Senin (27/7) yang mendaftar pasangan Muh. Ridwan Zakariah-La Djiru. Hari ini (Selasa-red) giliran La Ode Ganiun-Ahmad Gamsir dan Abu Hasan-Ramadio,” ungkapnya.

Sementara di Koltim, pasangan yang mendaftar di hari ketiga yakni H Muh Buddu-Ridwan Basnapal (Mubarak) mendaftar di KPU. Mereka mendatangi KPU usai menggelar deklarasi di Lapangan Atula, Kecamatan Ladongi. Sekitar pukul 13.43 Wita mereka tiba di KPU dengan membawa Parpol pendukung Hanura, PPP, dan Gerindra. Ada 4 pasangan calon di Koltim yakni Syamsul Alam-Farida (Safari), Wahyu Ade Pratama-Idul Fitri Syam (Wahid), Tony Herbiansyah-Andi Merya Nur (Tentram), dan H Muh Buddu-Ridwan Basnapal (Mubarak).

Kontestan di Wakatobi hanya dua pasangan calon. Pada hari ketiga, pasangan Haliana-Muh Syawal (Halal) memasukkan berkas pendaftarannya. Mereka tiba didukung tiga Parpol yakni PDIP, Demokrat, dan PKB. Sementara pasangan calon H Arhawi Ruda-Ilmiati Daud (Sabangka) mendaftar pad hari pertama dengan membawa dukungan PAN, Hanura, Gerindra, Golkar.

Dua pasangan calon di Konsel juga memilih hari terakhir pendaftaran. Mereka adalah Surunuddin Dangga-Arsalim Arifin (Suara) dan Rusmin Abdul Gani-Muchlis (Beragam). Pasangan Suara tiba di KPU Konsel sekira pukul 11.00 Wita dengan Parpol pendukung Golkar, PBB, dan Hanura. Konstalasi politik berubah. Bupati Konsel Imran hadir dalam pendaftaran Suara, padahal mereka pernah menjadi rival di episode sebelumnya.

“Hari ini saya memantau proses pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di KPU Konsel, karena kemarin saya di Kolaka Timur. Jadi hari ini saya pantau kebetulan yang terakhir yakni pasangan “Suara” ini. Saya bersama dengan pak Kapolres. Kalau secara pribadi, tentu saya akan pilih orang yang akan melanjutkan pembangunan di Konsel dengan baik dan benar. Ini secara pribadi. Tapi secara kenegaraan atau selaku bupati tetap saya harus netral,” ungkap Imran saat ditemui, kemarin.

Sementara pasangan calon bupati Rusmin Abdul Gani-Muchlis (Beragam) tiba di KPU lebih awal dari Suara yakni pukul 09.20 wita. Beragam merupakan calon independen. “Kami akan membawa 25.770 dukungan,” ungkap Rusmin.

Di Konkep, dua kontestan mendaftar di hari terakhir. Mereka adalah HM Nur Sinapoy-Abdul Salam (Nusa) dan Ridwan Landipo-Kurdin Wahab (Rinduku Awanii). Nusa didukung Parpol PAN, PDIP, PKB, Nasdem, Golkar, Hanura, PKS. Sedang Rinduku Awanii merupakan calon independen. Selain mereka, satu pasangan telah mendaftar sebelumnya yakni Amrullah-Andi Muh Lutfi (Beramal) yang diusung Gerindra, Demokrat, dan PKPI. (p1/dan/min/kam/gol/awn/yaf/a)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top