Tips Agar Anak Anti Depresi dan Stress – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Tips Agar Anak Anti Depresi dan Stress

Kendari,KP-Ada beberapa tipe anak, diataranya pendiam dan terbuka. Anak pendiam cenderung menutup diri (introvert) dan karakter seperti itu akan rentan terkena depresi atau stress. Sebab anak selalu memendam masalah yang dialaminya, dan jika tidak mampu mengatasi masalahnya, akan mengalami depresi. Tentu ini butuh peran orang tua agar untuk mengenali tipe anaknya agar dapat mendidik anak sesuai yang diharapkan.

28-Depresi..

Psikologi Ida Sriwaty Sunarjo, M.Psi menjelaskan orangtua dituntut untuk bisa mengajarkan, menyikapi dan menanamkan kepribadian yang baik terhadap anaknya. Caranya dengan melatih anak untuk berani mengungkapkan pendapat dan keinginannya. Itu juga bertujuan agar anak mudah bergaul dan memiliki banyak teman, sehingga anak menjadi pribadi yang terbuka. Keuntungan yang diperoleh, pertahanan diri anak terhadap stress menjadi lebih kuat.

“Secara umum, anak-anak tidak mungkin langsung menjadi tipe penyendiri atau terbuka. Hal mendasar yang mempengaruhi kepribadian anak menjadi tipe terbuka, penyendiri, pendiam, atau bahkan anti sosial itu dari faktor lingkungan terdekatnya, yakni keluarga. Jadi orangtua harus melatih anak sedini mungkin sejak kemampuan kognitifnya aktif,” kata Ida Sriwaty yang bertugas di RSJ Sultra itu.

Kendati demikian, menurutnya dalam mendidik anak jangan terlalu memaksakan kehendak yang nantinya dapat menyebabkan anak tertekan. Misalnya, anak tidak boleh bermain dan selalu disuruh belajar dan jika tidak anak dihukum. Kasus seperti ini dapat berdampak pada kepribadian si anak. Akibatnya, anak tidak percaya diri, mudah minder, kurang bersosialisi, dan selalu cemas, kemudian berdampak pada mental anak yang mudah rapuh, dan gampang stress.

“Banyak cara yang dapat ditempuh, yakni orangtua harus mengambil beberapa langkah kecil, dengan nada bicara lembut agar mendorong anak berinteraksi sosial secara positif, tanpa terlalu memaksanya. Orangtua perlu memberikan kesempatan pada anak untuk mendapatkan pengalaman sosial yang sangat diinginkannya, dari pada menekannya melakukan sesuatu yang menurutnya sulit dilakukan,” harapnya. (p11/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top