Sahabatan Boleh, Berteman Biasa Lebih Baik – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Xpresi

Sahabatan Boleh, Berteman Biasa Lebih Baik

Chadidjah D. Selomo, S.Psi, Psikolog

Chadidjah D. Selomo, S.Psi, Psikolog

Persahabatan biasanya terjalin karena sering bersama-sama dihampir semua momen atau punya hobi yang sama sehingga interaksi yang sering terjadi. Kajian psikologi, persahabatan itu merupakan interaksi dari kelanjutan hubungan yang sudah pernah ada atau yang pernah terjalin sebelumnya antara satu individu dan individu lain dalam hubungan antar pribadi.

Nah, dari interaksi yang berkelanjutan (obrolan yang terus berlanjut) dapat menimbulkan sifat saling membutuhkan satu sama lain. Makanya tidak jarang kalo persahabatan ini akan membuat mereka lengket satu sama lain.

Chadidjah D. Selomo, S.Psi, Psikolog mengatakan intensitas interaksi dalam lingkungan tertentu seperti disekolah maupun diluar sekolah menjadi salah satu faktor pendukung penyebab kecocokan satu sama lain, plus kesamaan visi diantara dua, minat dan strata sosial yang sama.

But, jika bersahabat terlalu erat dapat berdampak negatif loh sobat, misalnya jadi gak terbiasa berinteraksi baik dengan orang lain selain sahabat kita. Ada ketergantungan terhadap sahabat kita.  Gak bisa ngapa-ngapain kalo gak ada sahabat. Sehingga menganggap remeh orang lain karena merasa hanya sahabatlah yang terbaik diantara semua orang.

Menurut Chadidjah D. Selomo, kalau bergaul sebaiknya jangan hanya sebatas sahabat saja karena akan menyebabkan kerenggangan sosial antara teman yang lainnya, “Lebih baik perlakukan sama semua teman kita. Kalo hanya sebatas sahabat saja gak baik, kalo nanti sahabat gak ada di samping kita jadinya kikuk. Susah interaksi dengan orang lain disekitar,” ujarnya kemarin.

Psikolog yang berdinas di Rumah Sakit Jiwa Kendari ini menyarankan agar remaja dapat bijak dalam berteman. Jangan ada diskriminasi. Coz, jika berteman cuma di batas lingkaran persahabatanmu saja akan rugi loh. “Banyak teman lebih baik, banyak karakter yang bisa kita pahami dan pelajari cara menghadapinya,” tutupnya. (Kak Sahra)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top