Ratusan Daerah Gelar Pilkada, MK Harap Tak Panen Perkara – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Nasional

Ratusan Daerah Gelar Pilkada, MK Harap Tak Panen Perkara

gugatan-pilkada

 

JAKARTA — Pada 9 Desember nanti pemilihan kepala daerah (pilkada) akan digelar serentak di 269 daerah. Pelaksanaan pilkada dalam waktu bersamaan itu diperkirakan akan membuat Mahkamah Konstitusi (MK) panen gugatan.

Namun, Ketua MK Arief Hidayat mengharapkan lembaga yang dipimpinnya tidak sampai kebanjiran perkara sengketa pilkada. Ia menyarankan persoalan sengketa pilkada tak harus berujung gugatan ke MK. “Kalau saya sih berharap semoga tidak ada sengketa. Tidak berharap sengketa sampai muncul ke MK. Cukup diselesaikan di tingkat bawah secara fair,” ujar Arief di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (28/7).

BACA JUGA :  Pilkada Muna, Dokter No 3, Rumah Kita No 1, Putra Muna No 2

Walaupun demikian Arief menegaskan, MK sudah menyiapkan seluruh sistem perangkat untuk menghadapi pilkada serentak. Menurutnya, seluruh elemen yang berada di MK juga harus tetap menjaga independensi, imparsialitas dan integritas agar bisa memenuhi rasa keadilan masyarakat.?

“Pengalaman mengenai penanganan pilkada lalu, jadi pelajaran berharga bagi MK, baik untuk ketua, hakim, staf kepaniteraan. Pengalaman pahit yang luar biasa, kami betul-betul diharapkan masyarakat agar bisa tunjukkan MK ini terhormat dan bisa jalankan kosntitusi sebaik-baiknya,” imbuh Arief. Ia berharap pilkada bisa berjalan aman, tertib, dan penuh kejujuran sehingga meminimalisir adanya sengketa.(flo/jpnn)

BACA JUGA :  Pilkada Harus Sukses....Ini Pesan Wagub Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top