Manfaat dan Efek Kofein Bagi Kesehatan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Manfaat dan Efek Kofein Bagi Kesehatan

Kendari,KP–Kafein dianggap memiliki banyak efek samping pada tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, tapi juga punya manfaat besar bagi kesehatan. Kafein merupakan zat yang dapat ditemukan pada beberapa jenis tumbuhan seperti kopi atau teh dan itu memiliki zat stimulant yang dapat merangsang sistem syaraf pusat. Mengkonsumsi kafein akan merasa lebih energik jika sesuai dosis yang dianjurkan.

28-Kafein

“Mengkonsumsi kafein dengan dosis tertentu mampu meningkatkan daya ingat manusia dan Mencegah penyakit saraf. Salah satu sumber kafein adalah kopi, sehingga para peminum kopi cenderung tidak akan menderita penyakit Alzheimer dan Parkinson,” kata Dosen Gizi dan Analis Poltekkes Kendari Supiati, STP., MPH saat dikonfirmasi, kemarin.

Dijelaskan, kandungan antioksidan dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer. Kafein juga bisa menambah stamina untuk berolahraga dan juga meredakan nyeri otot, misalnya setelah lelah berlatih, atlet bisa minum kopi untuk menghilangkan tegang pada otot.

“Kafein juga baik untuk para perokok, karena kafein mampu mengeluarkan zat racun dalam paru-paru, sehingga kafein juga disebut sebagai detoks tubuh. Tetapi, jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara 3 cangkir kopi perhari,” jelasnya lagi.

Kecanduan terhadap kafein kata Supiati diperkirakan lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut. “Kalau dosis yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan sekira 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari,” tutupnya. (p11/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top