Gawat, 39 Persen Sol Sepatu Menyimpan Bakteri – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Gawat, 39 Persen Sol Sepatu Menyimpan Bakteri

Bakteri memang selalu ada. Terlebih pada tempat yang lembab dan amat kotor. Sebuah studi mengungkapkan bahwa sepatu menjadi tempat paling nyaman untuk tumbuh dan berkembangnya bakteri. Coba saja menyapu dan menggosok rumah Anda dari atas ke bawah setiap hari. Kemungkinan besar, ada kuman menunggu di luar rumah. Dalam penelitian terbaru, para peneliti dari University of Houston menemukan bahwa 40 persen dari sampel depan pintu terkontaminasi dengan bakteri C. difficile dan begitu pula 39 persen dari sol sepatu.

28-Sol Sepatuu..

Seperti namanya, C. difficile atau yang lebih sering dikenal sebagai C. diff, tidak mudah untuk diobati. Itu lantaran bakteri ini resisten terhadap antibiotik. Infeksi dengan bug ini bisa mengakibatkan Anda diare dan dalam beberapa kasus bahkan berkembang menjadi radang usus berbahaya. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa hampir setengah juta orang terinfeksi C. diff per tahun dan bakteri ini paling mudah untuk menginfeksi pasien rumah sakit dan sekitar 35 persen kasus mulai di tempat lain.

Jadi bagaimana C. Diff berakhir di teras rumah Anda? “Sepatu bisa terkontaminasi dari berbagai sumber dan Anda secara teratur mencemari depan pintu rumah Anda dengan sepatu,” kata penulis studi, M. Jahangir Alam, Ph.D, seperti dilansir laman Womans Health Magazine. “Kotoran dari berbagai hewan, termasuk burung adalah salah satu contoh dari dari kotoran yang dibawa sepatu Anda yang bisa membawa spora C. diff,” kata Alam.

Setelah spora ini mendarat di permukaan, mereka bisa hidup selama berbulan-bulan. Ketika orang sengaja menelan spora C. diff maka mereka akan berisiko terkena diare dan bahkan infeksi radang usus. Untuk itu sebaiknya Anda lepaskan sepatu Anda di pintu sebelum masuk rumah untuk menghindari penyebaran spora C. diff ini. (fny/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top