90 Persen Pemudik Sudah Kembali – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Bau-bau

90 Persen Pemudik Sudah Kembali

Foto: La Ode Aswarlin/KP__Arus balik di Pelabuhan Murhum Baubau berlangsung normal. 90 persen pemudik dipastikan sudah kembali ke daerah asal.

Foto: La Ode Aswarlin/KP__Arus balik di Pelabuhan Murhum Baubau berlangsung normal. 90 persen pemudik dipastikan sudah kembali ke daerah asal.

Baubau, KP — Hari terakhir arus balik lebaran Idul Fitri jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan penyebrangan antara pulau sudah dengan jasa kapal feri sudah hampir kembali seluruhnya. ASDP memperkirakan jumlah penumpang yang kembali sudah mencapai 90 persen kembali.

Manajer Operasional ASDP Kota Baubau, Marsadik menjelaskan, jika merujuk jumlah penumpang, tren kenaikan hanya terjadi di rute Tampo-Torobulu. Lonjakan arus mudik naik mencapai 30 persen dari tahun sebelumnya. “Jalur ini kami siagakan trip mencapai 20 kali sehari dari normalnya hanya enam kali dalam sehari,” tukasnya.

Sementara jumlah trip yang anjlok justru terjadi di rute Baubau-Waara. Prediksi awal lonjakan penumpang akan terjadi di rute tersebut mengingat selain masyarakat yang mudik rute tersebut menjadi satu-satunya yang menghubungkan jalur perdagangan Muna, Muna Barat, Kota Baubau, termasuk barang dari Makassar yang masuk Baubau.

Penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan di rute tersebut lantaran adanya aktivitas penutuan jalan yang dilakukan di jalan poros Muna-Buton Tengah. Sementara dijalur tersebut ASDP menyiagakan 24 trip dalam sehari.

Marsadik menambahkan sampai dengan tadi malam pantauan di lapangan jumlah kendaraan yang kembali didominasi kendaraan roda dua. Karena arus balik sudah berakhir maka jumlah trip akan kembali normal mulai pekan ini. (war/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top