Penetapan Perda Pencalonan Kades, Butuh Studi Banding – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Penetapan Perda Pencalonan Kades, Butuh Studi Banding

Lasusua, KP — Pemahaman para anggota legislatif di Kolaka Utara terkait hal-hal yang berkaitan dengan aturan pemerintahan desa masih harus ditingkatkan. Untuk menuntaskan rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait cara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, mereka masih membutuhkan studi banding.

“Studi banding itu sangat perlu, tapi tidak perlu jauh-jauh lah jika di wilayah Sultra sudah ada yang menggelar pilkades serentak, yah kita kesana saja. Tapi kalau tidak, ke Bantaeng atau Enrekang (Sulsel) yang proses pilkadesnya berhasil,” ujar Ketua Badan Peraturan Daerah DPRD Kolut Buhari.

BACA JUGA :  Minus Anggaran, Penetapan Sejumlah Perda Bakal Dipangkas ?

Ia sendiri membantah jika pihaknya dinilai lamban untuk menuntaskan Raperda tersebut. Pasalnya kata dia, pihaknya harus hati-hati untuk menghindari kekeliruan dikemudian hari.

Kata dia, pihaknya sudah dua kali melakukan pembahasan dengan eksekutif, dengan harapan agar perda tersebut segera disahkan namun lagi-lagi belum memberi solusi untuk menetapkan perda itu.

“Kita sudah membuat pansus tentang perda desa ini, dan pansus inilah nantinya yang akan melakukan konsultasi publik kepada masyarakat di 15 Kecamatan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Minus Anggaran, Penetapan Sejumlah Perda Bakal Dipangkas ?

Padahal sebelumnya Pemda Kolut mengklaim akan menggelar pemilihan desa tercepat di Sultra, namun pada kenyataanya hingga kini perda tersebut masih dalam proses pembahasan, dan DPRD menyatakan ditetapkan paling lambat hingga dua bulan kedepan.

“Kami tidak ada maksud untuk memperlambat, walaupun eksekutif tidak  menganggarkan anggaran untuk naskah akademik perda, namun kami akan belajar dari berbagai sumber,”pungkasnya. (rus/c)

BACA JUGA :  Minus Anggaran, Penetapan Sejumlah Perda Bakal Dipangkas ?

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top