Panwascam Butur-Muna Bentuk Gakumdu – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Buton Utara

Panwascam Butur-Muna Bentuk Gakumdu

Buranga, KP — Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) pemilihan kepala daerah  Kabupaten Buton Utara dan Kabupaten Muna, akan membentuk gabungan penanganan hukum terpadu (Gakumdu).

Pembentukan gakumdu tersebut sebagai badan koordinasi dan pelayanan kasus sengketa dalam pilkada, karena sudah akan masuk tahapan pilkada. “Jadi kalau ada masalah dalam pilkada nanti, akan diselesaikan melalui lembaga ini,” ungkap Divisi Penanganan Pelanggaran Panwascam Butur, Sabir, SP, akhir pekan lalu.

Kata dia, anggota yang dilibatkan dalam penanganan sengketa pilkada nanti, pihak kejaksaan, kepolisian, dan Panwascam. “Setiap kecamatan akan ditempatkan beberapa anggota Gakumdu. Kalau ditemukan ada yang membuat masalah dalam tahapan pilkada, akan diatasi oleh anggota Gakumdu,”ujarnya.

Dikatakan, untuk sentra penanganan masalah dalam tahapan pilkada nanti, sementara membangun kordinasi dengan panwascam Muna. Sebab mereka juga mengusulkan untuk membentuk lembaga tersebut.

“Butur kan masih masuk wilayah hukum Polres dan Kejaksaan Raha, jadi harus ada kordinasi dengan Panwascam Raha. Tetapi permintaan mereka akan dibentuk di Ereke (Butur). Karena dulu dibentuk di Raha,” tuturnya.

Rencananya lanjut dia, pembentukan Gakumdu sebelum masuk tahapan pilkada. “Dalam waktu dekat ini sudah akan dibentuk, sehingga anggota sudah bisa disebar disetiap kecamatan,” tandasnya. (gol/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top