KPK Kembali Digugat Praperadilan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

KPK Kembali Digugat Praperadilan

Indriyanto Seno Adji

Indriyanto Seno Adji

Jakarta, KP — KPK bakal kembali disibukan dengan gelombang gugatan praperadilan yang diajukan tersangkanya. Hari ini (27/7), lembaga antirasuah itu menghadapi gugatan yang diajukan Bupati Morotai Rusli Sibua. KPK mengaku siap menghadapi gugatan itu.

Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji mengatakan pihaknya sudah melakukan antisipasi terhadap pelaksanaan segala upaya paksa terkait penyidikan kasus korupsi. “Jadi kami juga sudah siap dengan praperadilan yang diajukan siapapun tersangka,” ujar ahli hukum pidana itu. Tim biro hukum KPK bakal berupaya maksimal agar gugatan tersangka tak dikabulkan hakim.

BACA JUGA :  Dua Pejabat Dinkes Koltim Ditahan, Kuasa Hukum Ancam Praperadilan

Meski para tersangka melakukan gugatan, namun KPK tetap melakukan penyidikan terhadap kasus yang bersangkutan. Dengan begitu agenda pemeriksaan saksi dan tersangka tetap dilakukan. “Kami juga berupaya agar penyidikan cepat, bisa segera dilimpahkan,” kata pejabat yang akrab disapa Anto itu.

Kuasa hukum Rusli Sibua, Ahmad Rifai mengatakan pihaknya sudah maksimal menyiapkan materi gugatan. Dalam gugatan itu, Rusli mempermasalahkan penyalagunaan kewenangan yang dilakukan KPK. Apa itu penyalagunaannya – Versi Rifai, KPK salah menetapkan kliennya sebagai tersangka. “Pak Rusli itu tidak melakukan apa yang disangkakan KPK,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dua Pejabat Dinkes Koltim Ditahan, Kuasa Hukum Ancam Praperadilan

Selama ini Rusli memang ngotot tidak melakukan penyuapan terhadap Akil Mochtar, yang saat itu menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi. Padahal dalam putusan Akil, pria itu terbukti menerima suap dari sengketa pilkada Morotai. Memang, pentransferan uang tidak dilakukan Rusli. Tapi bukan berarti Rusli tak terlibat.

Sidang Rusli Sibua hari ini bakal dipimpin hakim tunggal, Martin Ponto Bidara. Selain Rusli, kemungkinan pekan ini KPK juga mulai menghadapi praperadilan pengacara kondang, O.C Kaligis. Dia saat ini ditetapkan dan ditahan sebagai tersangka kasus suap hakim PTUN Medan. Kaligis tak terima dengan hal tersebut dan melayangkan gugatan praperadilan. (gun/sof)

BACA JUGA :  Dua Pejabat Dinkes Koltim Ditahan, Kuasa Hukum Ancam Praperadilan

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top