Koltim Klaim Lengkapi Berkas DOB – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Timur

Koltim Klaim Lengkapi Berkas DOB

Otonom

Kolaka, KP — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus melakukan evaluasi terhadap perkembangan pemekaran daerah otonom baru (DOB) di Sultra. Tak hanya di Kabupaten Muna Barat dan Buton Selatan, beberapa waktu lalu, tim Mendagri yang dipimpin Direktur Otonomi Khusus dan Pembinaan Otonomi Daerah, Teguh Setia Budi berkunjung ke Kolaka Timur. Kunjungan tim Mendagri guna memantau perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di Koltim. Termasuk menggali informasi mengenai kendala yang dihadapi pemerintah daerah baru itu dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Dirjen Otoda sudah datang di Koltim untuk melihat kondisi lapangan sarana dan prasarana di Koltim. Kami yang mengantar mereka keliling lapangan,” ungkap Bupati Koltim, Anwar Sanusi.

Ia mengatakan sejauh ini pihaknya telah melengkapi seluruh poin yang menjadi syarat pemekaran suatu daerah menjadi kabupaten. Jadi dirinya optimis Koltim tidak akan dicabut sebagai DOB di jazirah Sultra. Apalagi dia mengatakan telah menyiapkan seluruh dokumen dan berkas syarat sebagai DOB.

“Semua sudah lengkap, tidak ada yang menjadi kendala. Tapi kalau mau lebih tau silahkan ketemu saja dengan Kabag Orotala Pemkab Koltim, Idarwati,” ungkap Anwar.

Sementara itu, Kabag Ortala Pemkab Koltim, Idarwati yang ditemui mengatakan telah melengkapi sembilan poin yang menjadi syarat pemekaran DOB. Pertama menyangkut nomenklatur Koltim, dengan dilihat
luas wilayah, kemudian pembagian wilayah khusus dan ibukota.

Sebenarnya ada 10 poin yang dilengkapi, namun yang tidak dilengkapi yakni isu pemindahan ibukota kabupaten Koltim. Karena Koltim sudah menetapkan Tirawuta sebagai jantung kota.

Ia mengatakan pihaknya juga telah membentuk perangkat daerah. Bahkan, sudah hampir 90 persen lengkap, baik itu yang telah diatur dalam Perbup (peraturan bupati) tentang pembentukan sekretariat DPRD Koltim.
Selain itu, juga pihaknya telah membentuk dinas. “Kami sudah membuatkan perbup untuk 12 dinas. Bahkan struktur organisasi sudah diisi oleh personel,” tandasnya.

Sekarang, kata dia pengusulan Raperda selurunhya sudah diserahkan kepada DPRD untuk menjadi Perda (Peraturan daerah). “Alhamdulillah sudah capai titik awal. Kami akan konsultasi ke gubernur dan Kemendagri tentang usulan Rapreda agar segera menjadi Perda. Yang jelas semua poin kami sudah lengkapi,” tandasnya.  (dan/c)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top