Baru Tiga Pasang Resmi Mendaftar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Baru Tiga Pasang Resmi Mendaftar

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kolaka Timur, Samsu Alam dan Farida mengecek berkasnya saat pendaftaran di KPU Koltim

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kolaka Timur, Samsu Alam dan Farida mengecek berkasnya saat pendaftaran di KPU Koltim

Kendari, KP —

[dropcap]P[/dropcap]endaftaran pasangan calon Pilkada serentak sudah dibuka, kemarin (26/7). Tujuh kabupaten di Sultra yang menyelenggarakan pesta demokrasi itu, baru tiga pasang bakal calon yang resmi mendaftar di KPU. Mereka adalah Muh Endang SA-Nurfa Thalib di Konsel, Samsu Alam-Farida di Koltim dan Arhawi Huda-Ilmiati Daud di Wakatobi.

Muh Endang SA-Nurfa Thalib melakukan deklarasi pasangan calon sebelum mendaftar ke KPU Konsel, kemarin (26/7).

Muh Endang SA-Nurfa Thalib melakukan deklarasi pasangan calon sebelum mendaftar ke KPU Konsel, kemarin (26/7).

Sementara, di Kabupaten Konut, Muna, Butur, dan Konkep bakal pasangan calon memilih mendaftar pada hari kedua (hari ini, red) dan hari terakhir (besok). Begitupula bakal pasangan calon lainnya pada tiga daerah (Konsel, Koltim, dan Wakatobi) yang belum menyerahkan berkas pencalonannya ke KPU setempat.

Pasangan calon Arhawi Huda (pakai kopiah) - Ilmiati Daud saat mendaftar di KPU Wakatobi.

Pasangan calon Arhawi Huda (pakai kopiah) – Ilmiati Daud saat mendaftar di KPU Wakatobi.

Di Konawe Selatan (Konsel), Muh Endang SA dan Nurfa Thalib menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar paling awal. Bakal pasangan calon yang diusung koalisi Partai Demokrat dan PKB ini mendatangi KPU Konsel, sekitar pukul 13.00 Wita diantar seribuan pendukung, setelah menggelar deklarasi di Desa Lamooso, Kecamatan Angata, kampung halaman Wakil Ketua DPRD Sultra itu.

Grafis-26-Juli-2015Tiba di KPU Konsel, pasangan berakronim MANTAB ini diterima lima orang anggota KPU plus pegawai sekretariat. Usai menyerahkan berkas pencalonan, dan dilakukan penelitian, KPU menyatakan berkas pendaftaran pasangan ini diterima, dan akan dilakukan penelitian lanjutan. “Penelitian lanjutan akan dilakukan hingga 3 Agustus, penetapan dilakukan 24 Agustus,” kata Ketua KPU Konsel, Djabal Nur. Bakal pasangan calon Asnawi-Rustam Tamburaka diagendakan mendaftar sekira pukul 15.00 wita, hari ini. Sementara hari Selasa, Surunuddin-Arsalim akan mendafatar.

Sementara itu, ketika diberi kesempatan menyamapaikan orasi politiknya, Endang mengaku sengaja mendaftar di hari pertama, yang kebetulan bertepatan dengan hari Minggu dimana aktivitas perkantoran masih libur. “Agar kehadiran kami yang lumayan banyak ini tidak menganggu aktivitas pemerintahan,” kata Endang, didampingi Nurfa Thalib.

Untuk di Koltim, star awal dimanfaatkan oleh bakal pasangan calon Samsul Alam-Farida Harianti (SAFARI). Sementara pasangan lain, Wahyu Ade Pratama-Idul Fitri Syam dan Tony Herbiansyah-Hj Merya Nur diagendakan mendaftar hari ini.

Minggu (26/7) sekira pukul 12.58 Wita, pasangan SAFARI datang dengan iring-iringan kendaraan roda empat. Pasangan calon itu menunggangi mobil merek Strada berwarna hitam dengan kode polisi DT 9999 RR. Mereka berdiri diatas mobil bak terbuka itu sembari melambaikan tanganya. Paslon itu diantar oleh ratusan pendukungnya menuju Sekretariat KPU Koltim. Syamsul Alam datang dengan menggunakan kemeja putih plus celana hitam, begitupula dengan Farida. Kedatangan mereka disambut oleh tarian mondotambe. Mereka dikawal ratusan pendukung dan simpatisan.

Sebelum mendaftar di KPU Koltim, Safari menggelar deklarasi di lapangan Atula, Desa Atula, Kecamatan Ladongi, Koltim. Sebelum dinyatakan legal sebagai Pasangan calon bupati yang akan meramaikan Pilkada Koltim, SAFARI menandatangani syarat dan ketentuan sebagai calon bupati. Termasuk dengan partai poltik pengusung SAFARI. Hal itu dilakukan di hadapan anggota Komisioner KPU Koltim yang dipimpin oleh Ketua KPU Koloka, Lukman. KPU Kolaka memback up KPU Koltim karena belum memiliki komisioner. SAFARI diusung oleh PAN dan PBB, sehingga mereka memiliki enam kursi DPRD, yakni PAN 4 kursi dan PBB 2 kursi.

Untuk Wakatobi, pendaftaran hari pertama dilakukan oleh bakal pasangan calon Arhawi Ruda–Ilmiati Daud. Mereka tiba di KPU Wakatobi sekira pukul 09.45 Wita. Pasangan berakronim HATI itu diantar oleh seribuan pendukung dan simpatisan dengan berjalan kaki dari kediaman H Arhawi Ruda, di lingkungan Bente Kelurahan Pongo Kecamatan Wangi-Wangi menuju kantor KPU Wakatobi di kompleks perkantoran Manugela Wangi-Wangi. Sepanjang jalan yang dilalui sebelum tiba di kantor KPU Wakatobi, pasangan calon Arhawi Ruda–Ilmiati Daud, mendapat support berupa yel-yel dari pendukungnya.

“Jadi setelah melalui penelitian secara administarsi, maka KPU resmi telah menerima pencalonan pasangan Arhawi-Ilmiati Daud. Selanjutnya, kami akan melakukan lagi verifikasi syarat calon. Setelah itu baru disampaikan hasil akhir apakah ada syarat yang belum lengkap atau tidak lagi,” terang La Ode Suryono, Ketua KPU Wakatobii.

Pada kabupaten lain seperti Konut, Konkep, Butur dan Muna, tak satupun bakal pasangan calon memanfaatkan hari pertama untuk mendaftar. Bakal pasangan calon Muh. Ridwan Zakariah-La Djiru (RINDU) memilih mendaftar pada hari kedua (hari ini, red). Mereka diagendakan akan datang pukul 09.00 Wita hari ini. “Insya Allah, besok (hari ini) kami akan ke kantor KPU Butur untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Butur, periode 2016-2021,” ungkap Muh. Ridwan Zakariah, kemarin. Sementara pasangan lain, Abu Hasan-Ramadio mengagendakan pendafataran pada hari terakhir (Selasa, 28/7). “Kami akan datang pagi pada hari Selasa,” ujar Abu Hasan, tadi malam.

Begitu pula bakal pasangan calon di Kabupaten Konawe Utara. Hari ini, dua pasangan calon akan mendaftar di KPU. Mereka adalah bakal pasangan calon Aswad Sulaiman-Abuhaera (ABDIKU) dan Ruksamin-Raup (KANOSARA). “Berdasarkan informasi, pasangan calon H Aswad Sulaiman-H Abuhaera akan mendaftar ke KPUD sekitar pukul 10.00 wita. Informasinya usai mendaftarkan diri langsung melakukan deklarasi pasangan tersebut di Lapangan Wanggudu,” ungkap Muharam, Devisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Konut.

Jika pasangan H Aswad Sulaiman-H Abuhaera yang akan mendaftar diri pada pagi sekitar pukul 10.00 wita, pasangan lainnya yakni Ruksamin-Raup diagendakan akan mendaftarkan sekira pukul 14.00 wita. “Pasangan Ruksamin-Raup rencananya akan deklarasi sebelum mendaftar ke KPUD,” katanya.

Pendaftaran pasangan calon di Konkep hari pertama juga tidak dimanfaatkan para kontestan. Agenda pendaftaran akan dilakukan hari ini oleh pasangan calon Amrullah-Muh Andi Luthfi. Mereka rencananya akan mendaftar pagi ini sekira pukul 10.00 Wita. “Sedangkan untuk hari Selasa (28/7), pasangan yang akan mendaftar yakni HM Nur Sinapoy-Abdul Salam, Ridwan Landipo-Kurdin dan Aboseng-Asnal,” ujar Ihwan, Sekretaris KPU Konawe Kepulauan (Konkep). KPU menyiapkan tari cakalele untuk menyambut para kontestan nantinya.

Situasi serupa terjadi di KPU Muna saat hari pertama pendaftaran. Pasangan calon Arwaha Adi Saputra-La Ode Samuna memilih mendaftar pada hari kedua (hari ini). sementara, pasangan LM Baharuddin – La Pili memilih hari Selasa (besok) untuk memasukkan berkas pendaftarannya.

“Pendaftaran akan ditutup pukul 16.00 Wita, setiap hari selama jadwal pendaftaran dibuka. Saya juga hubungi beberapa bakal calon, menanyakan kapan akan mendaftar. Kemungkinan para bakal calon akan mendaftar di hari terakhir pendaftaran,” kata Sulaeman Loga, koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Muna.

Sementara, Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengungkapkan, waktu pendaftaran di KPU hanya ditoleransi sampai pukul 16.00. Lewat dari itu, tidak akan diakomodir. Hal itu lanjut dia, sudah diatur dalam PKPU Nomor 9 Tahun 2015. “Tapi sebenarnya bisa ditaktisi. Timsel atau gabungan Parpol bisa registrasi duluan. Kemudian pasangan calon bisa datang belakangan. Prosesnya bisa lewat pukul 16.00 Wita. Yang penting registasinya jangan lewat,” terangnya. (p1/gol/kam/dan/min/yaf/awn/ing/a)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top