Waspadai Tawaran Pegadaian Ilegal – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Waspadai Tawaran Pegadaian Ilegal

 Foto OJK

Jakarta, KP- Praktik bisnis pegadaian yang dijalankan pihak swasta makin marak berkembang di banyak kota di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mulai mengaturnya demi kepentingan masyarakat luas. Terlebih, perannya cukup signifikan untuk menjaga likuiditas keuangan kelas ekonomi kecil.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani mengungkapkan, makin hari laporan tentang maraknya praktik gadai pihak swasta kian meningkat. Tanpa laporan, pihaknya memang sudah merasakan hal tersebut. ’’Saya sebutnya pegadaian tiang listrik. Iklannya sering ditempel di tiang listrik kan. SMS lewat ponsel kita juga banyak,’’ ujarnya di gedung OJK pekan lalu.

Memang, praktik itu saat ini tidak melanggar peraturan karena aturannya belum ada. Hanya, berdasar ketentuan lama yang masih berlandas peraturan peninggalan Belanda saja diterangkan bahwa praktik pegadaian hanya boleh dilakukan perusahaan milik negara.

Melalui PP No 178 Tahun 1961 tentang Pendirian Perusahaan Negara Pegadaian, PT Pegadaian akhirnya berdiri. Peran bisnis pegadaian, kata Firdaus, cukup vital bagi masyarakat agar membantu likuiditas masyarakat kecil. ’’Apalagi, ini bulan Syawal. Habis Lebaran, banyak uang yang terpakai. Padahal, anak mau masuk sekolah. Musim kawinan lagi. Banyak lah yang butuh pegadaian,’’ ungkapnya setengah bercanda.

Bukan hanya untuk masyarakat yang berkepentingan memenuhi kebutuhan harian, peran pegadaian juga penting bagi bisnis level mikro, kecil, dan menengah. Karena itu, PT Pegadaian (Persero) bisa diajak kompromi. Jadi, pengguna jasa yang perlu uang kemudian menggadaikan harta benda, tetapi tetap bisa produktif.

Masyarakat diminta berhati-hati jika ingin menggunakan jasa pegadaian swasta yang saat ini menjamur. Firdaus menyatakan bahwa pihaknya belum mendata jumlah pelaku bisnis tersebut. Sebab, dikhawatirkan sebenarnya ada pelaku bisnis rentenir yang berubah wajah menggunakan teknis bisnis baru itu. (gen/agm)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top