Tiga Pengedar Sabu Dibekuk – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Tiga Pengedar Sabu Dibekuk

Bandar dari Makassar, Dikirim Via Mobil Ekspedisi

Kendari, KP
Aparat Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sultra kembali menangkap tiga pengedar sabu-sabu. Identitas mereka diketahui berinisial IR (33) warga Kelurahan Benubenua, YH (36) dan HE (25) warga Baruga. Ketiganya ditangkap pada lokasi berbeda sejak Minggu (5/7) lalu, saat hendak mengedarkan Narkoba di bilangan Benubenua dan Wuawua.

shabu
Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sultra, AKBP Abdul Kadir yang ditemui Selasa (7/7)  menjelaskan, penangkapan itu bermula saat pihaknya mendapat informasi masyarakat yang mencurigai salah satu rumah di Lorong Merpati, Kelurahan Benubenua sebagai tempat transaksi Narkoba. Aparat kemudian melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti. Polisi lalu berhasil menangkap IR yang sementara mengantongi tiga paket sabu.

BACA JUGA :  Edan! Mengelabui Polisi, Pemuda Ini Simpan Sabu-sabu di Charger HP

“Barang itu baru dibelinya. Kemudian kami selidiki akhirnya mendapatkan informasi bahwa ada tersangka lain yang sering mengedarkan Narkoba,” beber Kadir, kemarin di ruang kerjanya. IR kemudian dijadikan “perangkap” untuk menangkap pelaku pengedar barang haram di wilayah Kota Kendari. IR diarahkan untuk membeli beberapa paket sabu kepada YH yang juga ditengarai sebagai pengedar sabu-sabu. Sekitar pukul 18.30 Wita, akhirnya YH muncul membawa tiga paket sabu seharga Rp 5 juta yang akan diserahkan kepada IR. Tidak menunggu waktu lama polisi kemudian melakukan penyergapan pada YH.

“Baru saja barang itu akan diberikan, kemudian kami langsung menyergap. Kami berhasil menangkap YH yang membawa tiga paket sabu berukuran butiran. Katanya barang itu didapat dari rekannya berinisial HE. Kami kembali melakukan pengembangan,” tuturnya.
Seingat Kadir, polisi saat itu merasa kesulitan pastinya untuk menangkap HE. Pukul 22.00 Wita di depan Bank BCA Wuawua Kendari, HE dibekuk. Pria yang berprofesi sebagai sopir mobil rental ini tak berkutik saat ditangkap. “Saat digeledah ternyata ada 17 paket sabu di dalam kantong celananya,” ungkap Kadir. Dari penangkapan tersebut terkuak fakta jika barang haram ini didapatkan dari seorang bandar di Makassar. Barang itu dibeli oleh HE dengan harga Rp 15 juta dan dikirim melalui mobil ekspedisi. Dari penangkapan ketiga tersangka itu, polisi menyita barang bukti berupa 23 paket sabu, 1 buah bong, 1 unit ATM, 1 unit HP dan beberapa plastik bening.
“Berat keseluruhan berjumlah 17,26 gram. Kami menjerat mereka dengan pasal 112 subsider Pasal 114, Undang-Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya paling lama 20 tahun penjara,” tegasnya.

BACA JUGA :  Edan! Mengelabui Polisi, Pemuda Ini Simpan Sabu-sabu di Charger HP

Sementara HE mengaku bisnis haram yang ia jalankan baru berjalan sebulan. Belum ada keuntungan yang didapatkannya. Narkoba dibelinya menggunakan uang kemenangan judi online “Dapat jackpot dari Poker Rp 20 juta. Saya pakai beli ini barang Rp 15 juta. Sisanya saya gunakan. Sabu-sabu dikirim teman melalui mobil ekspedisi dari Makassar,” tuturnya sambil tertunduk. (b/egy)

BACA JUGA :  Edan! Mengelabui Polisi, Pemuda Ini Simpan Sabu-sabu di Charger HP

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top