Seleksi Penumpang Diperketat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Seleksi Penumpang Diperketat

Pemeriksaan Tiket Melalui Tiga Pintu

Kendari, KP
[dropcap]P[/dropcap]ara penumpang bayangan atau yang tak mengantongi tiket saat hendak masuk pelabuhan harus berpikir dua kali untuk bisa sampai di kapal angkutan mudik. Pasalnya, pihak pengaman pelabuhan akan memberlakukan tiga tahap pemeriksaan tiket terhadap calon penumpang. Kepastian itu disampaikan Kepala PT. Pelindo IV Cabang Kendari, Capt. Abdul Azis, Selasa (7/7). Ditemui di ruang kerjanya, Azis mengatakan pihaknya sudah siap dengan pengawalan arus mudik dan balik lebaran. Beberapa hal teknis yang disiapkan tahun ini adalah pembedaan pintu masuk dan keluar penumpang, batas pengantar dan penjemput, dan pos-pos pemeriksaan tiket.

mudik-Sulawesi-tenggara
Para pengantar dan penjemput tak akan berbaur dengan penumpang karena sejak masuk gerbang pelabuhan sudah dilakukan pemeriksaan tiket. “Setelah di pintu gerbang, kemudian di pintu ruang tunggu, dan terakhir di pintu kapal. Jadi akan diseleksi tiga kali pemilik tiketnya untuk mengetahui mana yang benar-benar penumpang. Pengawasnya dari Lanal, KP3 dan Syahbandar,” ungkapnya.

Seleksi ketat itu lanjut Azis akan mulai diterapkan sepekan (H-7) jelang Idul Fitri. Sebab, menurutnya mulai Jumat depan kuantitas penumpang akan meningkat. “Mungkin sewaktu-waktu kondisi bisa panas karena ini lebih ketat dari tahun lalu, bisa jadi ada orang yang tidak terima. Tapi kita sudah komitmen tak ada toleransi lagi untuk penambahan penumpang, harus sesuai jumlah tiket,” tegasnya.

Menyangkut kekhawatiran penumpang terkait akan adanya kenaikan harga tiket kapal, Aziz mengaku belum mendapat kabar sejauh ini. Sebab hal itu tidak masuk dalam agenda rapat koordinasi beberapa waktu lalu. Namun pantauan sementara harga tiket masih normal. Untuk diketahui harga tiket saat ini Kendari-Raha Rp 120 ribu, Kendari-Baubau Rp 185 ribu, Kendari-Waodeburi Rp 150 ribu dan Kendari-Wanci Rp 190 ribu. Hal itu juga dibenarkan oleh Wakapolsek Kawasan Pelabuhan Kendari, Muhamad Asyura Majid. Katanya, ada 35 personilnya sudah siap dalam pengamanan mudik. Tidak hanya itu, 5 orang dari Angkatan Laut, dan KSOP Kendari juga turut dalam pengawalan mudik tersebut. “Kita masuk dalam tim terpadu untuk pengamanan ini, kita harapkan penumpang mematuhi segala aturan yang ada, sebab tujuannya untuk ketertiban dan kenyamanan mudik,” jelasnya saat ditemui di Pelabuhan Nusantara, kemarin.

Antisipasi lonjakan penumpang lanjut Wakapolsek itu juga sudah disepakati seluruh instansi terkait. Selain kesiapan fasilitas pelabuhan yang menjadi tanggung jawab Pelindo dan Posko Keamanan oleh kepolisian, juga penyedia jasa angkutan sudah mengkoordinasikan kesiapan menambah armada angkutan. “Dalam rapat PT. Darma Indah (Cantika) dan PT. Aksar Saputra (Kapal Malam) sudah menyatakan kesiapannya menambah masing-masing satu armada yang stand by saat terjadi lonjakan penumpang,” ungkapnya. Prediksi dari pihak keamanan pelabuhan, lonjakan penumpang akan terjadi sejak H-4. Sebab saat itu sudah akan memasuki hari libur instansi. “Tapi kami siap setiap saat, bukan hanya nanti H-4 itu, sekarang pun penumpang sudah mulai meningkat tapi belum seberapa,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Seksi  Operasional Korem 143/HO, Letkol (Inf) Rudy Sandry juga menyatakan, pihaknya siap mengawal stabilitas keamanan jelang perayaan hari besar umat muslim tersebut. Sesuai hasil rapat koordinasi bersama Polri, pihaknya akan memberikan bantuan operasi jelang H-7 hingga H+7.  “Kami telah membentuk tim Bawah Kendali Operasi (BKO) secara terpusat. Nantinya  akan diturunkan jika ada permintaan dari Polri. TNI juga akan melakukan monitor di sejumlah titik rawan kriminalitas. Sedangkan untuk pengamanan di tiap kabupaten, kami telah menginstruksikan langsung ke masing-masing Kodim,” ungkap perwira menengah jebolan Akademi Militer itu didampingi Kasiintel Korem, Mayor (Inf) Jusriadi. (b/p14/p12/ely)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top