2 Investor Usul Izin Amdal – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

2 Investor Usul Izin Amdal

Untuk Bangun Pabrik Smelter

Kendari, KP
[dropcap]D[/dropcap]ari 430 Izin Usaha Pertambangan (IUP), baru sekitar 20-an izin yang telah menunjukan komitmennya membangun pabrik smelter. Jumlah itu terlihat dari usulan Amdal yang diajukan ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sultra. Hanya saja, baru sekitar 7 perusahaan yang telah dinyatakan lulus kajian tim teknis. Sementara selebihnya, masih dalam proses pembahasan.

Namun dalam waktu dekat, investor yang mendapat rekomendasi izin Amdal akan bertambah. Sebab hasil pembahasan tim teknis, usulan 2 perusahaan dinyatakan telah memenuhi syarat, yakni PT. Killing yang beroperasi di Konawe Selatan dan PT. Jilling di Kabaena, Bombana. Berkas usulan dua perusahaan ini tinggal menunggu Surat Keterangan Kelayakan Lingkungan (SKKL) yang ditanda tangani gubernur.

“Dari sekitar 20-an usulan, 9 perusahaan telah dinyatakan lulus kajian Amdal pembangunan pabrik smelter. Namun baru 7 yang sudah bisa menggunakan izin untuk memulai pengerjaan konstruksi pabrik. Sebab dua lainnya masih menunggu rekomendasi resmi gubernur. Tapi SKKL dan izin lingkungan ini akan segera diterbitkan. Sebab tinggal menunggu teken gubernur,” jelas Aminoto Kamaluddin, Kabid Tata Lingkungan dan Amdal BLH Sultra, kemarin.

Saat ini kata mantan Sekretaris Badan Diklat Sultra, berkas Amdal lainnya masih dalam pembahasan. Sesuai aturan, pembahasannya bisa dituntaskan dalam 120 hari. Syaratnya, pemrakarsa bisa menyelesaikan poin-poin yang menjadi rekomendasi tim teknis. Termasuk menjabarkan tata pengelolaan lingkungan hidup terhadap dampak yang diakibatkan. Makanya, proses pengkajiannya cukup selektif dan ketat. “Bila tidak memenuhi syarat, maka berkasnya akan dikembalikan,” tandas Aminoto. (c/mal)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top